SSL Certificate terbaik

Bagi blogger yang sudah lama kenal di dunia blogging, mungkin tidak perlu lagi mencari pengertian tentang SSL Certificate, namun, bagi blogger yang baru terjun di dunia blogging masih awam apa itu SSL Certificate?. Dalam catatan saya saat ini akan membahas tentang SSL Certificate yang memiliki peranan penting bagi website.

Sebenarnya SSL Certificate penting dan gak penting sih, namun, akan lebih baik lagi jika kalian tahu tentang SSL Certificate yang sekarang kita sedang bicarakan ini. Disini saya hanya akan membahas singkat namun insa Allah akurat dan mudah-mudahan bagi kalian yang belum mengerti tentang SSL Certificate akan tahu.

Apa itu SSL Certificate?

Tidak perlu banyak basa basi, kita langsung saja membahas tentang pengertian SSL Certificate. SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer adalah sebuah keamanan website dengan melindungi transaksi website atau blog yang dimiliki dengan enkripsi data yang sangat canggih.

Pernannya dalam melindungi website, SSL akan bekerja pada setiap transaksi website, dimana SSL akan melindungi data-data penting yang dibutuhkan, seperti kartu kredit, kata sandi, data pribadi, dan data-data lainnya yang di jaga perivasinya.

Tentu saja, data-data yang rawan disalahgunakan akan terjaga keamannya oleh SSL sehingga data pribadi yang kamu miliki akan tetap akan terkendali dengan SSL Certificate.

Bagaimana cara SSL Certificate bekerja?

Ada dua kata kunci yang tedapat dalam SSL dan cara bekerja SSL Certificate, kedua kata kunci yang disebut dengan Public Key dan Private Key, keduanya akan bekerja secara bersamaan untuk mengenkripsi sambungan klien dan sambungan server, biasanya website akan terlihat logo kunci berwarna hijau sebelum nama domain di bar browser.

Nah, jadi, sekarang kita sudah tahu pengertian SSL Certificate serta cara kerja SSL yang benar-benar berperan penting dalam sebuah website maupun blog, jangan heran kalau misalnya kamu sering direkomendasikan untuk menggunakan SSL Certificate.

Apa itu SSL?

Bagaimana cara mendapatkan SSL Certificate?

Dengan perannya yang sangat penting, Penyedia SSL Certificate sangat banyak di kalangan dunia internet, termasuk di Indonesia, di negara kita sudah banyak sekali situs-situs perusahaan yang menyediakan SSL dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu bisa mencari penyedianya dengan cara searching atau menanyakan ke teman kamu, mungkin teman kamu sudah mengetahui dimana saja penyedia SSL terbaik yang benar-benar terpercaya.

Jenis-jenis SSL

Seperti yang telah di ulas di laman Shotedme.com, ada 3 jenis SSL yang bisa di dapatkan sesuai dengan jensi website yang kita miliki, apa saja jenisnya? Berikut ulasannya yang sudah saya kutip dari laman tersebut.
  1. Organization Validation (OV) SSL Certificate
  2. Domain Validation (DV) SSL Certificate
  3. Extended Validation (EV) SSL Certificate
Untuk SSL Jenis OV, jenis ini merupakan SSL paling rekomendasi untuk jenis organisasi atau badan usaha yang berada di belakang domain terdaftar, sedangkan untuk jenis DV, jensi ini paling rendah dan biasanya hanya di validasi oleh email saja, sedangkan jenis EV merupakan SSL yang paling ketat, memerlukan sejumlah dokumen untuk jenis yang terkahir.

Kira-kira begitulah, jadi sekarang kita sudah tahu kan, apa yang dimaksud dengan SSL dan apa saja jenis SSL yang sekarang sudah banyak dijumpai untuk kebutuhan keamanan website yang kita miliki.

Kesimpulan

Dalam artikel yang saya buat ini, mungkin kamu sudah sedikit memahami tentang SSL Certificate, artinya, SSL Certificate adalah suatu metode pengaman untuk website maupun blog yang kita miliki. Apakah ada SSL yang gratis? Tentu saja ada, lihat blog ini menggunakan SSL yang didapatkan dari Google, kalian pun bisa mendapatkan yang gratis menggunakan layanan Cloudflare.

Akhir kata

Demikian catatan saya tentang Pengertian SSL Certificate : Apa Itu SSL Certificate?, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan bagi kalian yang punya website, dengan menggunakan SSL Premium, website yang kalian miliki akan lebih aman dan tejaga seluruh data pribadinya.