Belajar gitar pemula

Ngomongin soal gitar, ya ini salah satu jenis hobi dari alat musik yang memang sudah sejak lama menjadi sasaran utama anak-anak muda agar terlihat lebih keren dan mempesona, apalagi bisa dibilang cowok yang main gitar dinyatakan orang romantis. Lalu, bagaimana cara belajar gitar?.

Pertanyaan itu akan saya jawab, jawaban yang saya berikan bukanlah hasil refrensi dari sumber lain meskipun mungkin ada kesamaan dalam tips yang akan saya tulis ini, tips yang akan saya tulis sesuai dengan yang saya lakukan ketika itu saat saya ingin bisa memetik gitar.

Kamu yang ingin belajar main gitar bisa mengikuti tutorial saya ini, sedangkan bagi yang sudah paham, mungkin enggak perlu lagi, saya hanya ingin memudahkan bagi pemula saja apa yang saya ketahui dari belajar gitar ini.

Bagaimana caranya? Berikut saya berikan kepada kalian yang sedang membaca artikel ini.

Cara belajar gitar untuk pemula

Sebenarnya cara belajar main gitar itu gampang tapi susah, lah, ya memang seperti ini, dulu saya kira memetik gitar tidak ada aturannya asal petik-petik saja, namun ternyata ada aturan didalam memetik gitar seperti petikan gitar yang harus sesuai dengan kunci, begitupun dengan genjrengannya.

Tapi, apabila kamu punya niatan dan tekad untuk belajar gitar, apa yang kamu pelajari tidak akan sesusah yang saya rasakan, karena apa? Dengan keinginan dan semangatlah yang membuahkan hasil lebih baik, untuk itu siapkan dulu niat dan tekad sebelum memutuskan untuk belajar main gitar.

Seperti disaat saya dulu ingin sekali bisa main gitar karena ada alasan yang membuat tekad saya bulat, alasannya yaitu cowok yang bisa main gitar konon lebih mudah menarik hati wanita, ah masa iya sih? Itu yang membuat saya ingin sekali bisa main gitar.
Namun apalah arti bisa main gitar kalau tetap aja jomblo, eh kenapa jadi curhat sih? Udah lah, kita langsung saja bahas ya genks.

1. Punya gitar sendiri

Karena memang saya ingin sekali bisa main gitar, waktu saya kerja di Bekasi, saya meminjam uang kepada bos saya buat beli gitar, waktu itu saya membeli gitar dengan harga Rp. 300 ribuan, keinginan saya yang sangat besar membuat saya nekat untuk meminjam uang, hasilnya ya begitulah.

Kenapa tidak meminjam saja? So, kalau kita ingin bisa main gitar, kita wajib punya gitar sendiri, alasannya karena banyak, satu, gitar orang takutnya rusak, kecuali di tempat kursus, kedua waktu bermain di batasi punya gitar sendiri gak ada batasan waktu untuk belajar gitar, dan masih banyak lagi deh alasannya.

Jadi, jika kamu benar-benar ingin bisa main gitar, langkah utama yang harus kamu lakukan adalah punya gitar sendiri sama halnya yang saya lakukan dulu. Saking kepengennya saya bisa main gitar sampai-sampai saya rela meminjam uang kepada bos saya karena waktu itu gajian masih lama, udah gitu gajinya kecil lagi.



2. Latihan jari

Percayalah meskipun terlihat mudah main gitar itu sangat susah, hal kedua yang harus kamu lakukan sebelum belajar kunci-kunci nya adalah latihan jari, sebenarnya ini bisa dilakukan bareng latihan menguasai kunci gitar, namun akan lebih baik jika ini dilakukan lebih awal.

Kenapa demikian? Senar yang menempel di stang gitar susah saat kita mainkan, mengetik/menggenjrengkan gitar di barengi dengan berpindah-pindah kunci itu sangat susah, tangan pun pada kapalan bahkan hingga berdarah karena luka dari senar, kecuali gitarnya yang empuk. Jadi, coba kamu latih jari terlebih dahulu ya sob.

Bagaimana cara melatih jari? Coba tekan-tekan jari ke senar gitar atau jika belum punya gitar karena masih menunggu, coba ke barang-barang lain, misalnya ke meja, atau yang lainnya, meskipun memang tidak ada dalam sejarah pembelajaran gitar, namun yang saya lakukan pada saat belajar seperti ini.


3. Pelajari kunci dasar

Kunci gitar sangat banyak, mulai dari kunci major, minor, chours dan masih banyak lagi, kunci pertama yang harus kamu pelajari terlebih dahulu adalah kunci dasarnya atau mayor, bahkan kunci majoynya saja di bagi menjadi beberapa jenis lagi, misalnya C Mayor, kunci C Mayor ada beberapa jenis penekanan terhadap senar.

Dimana saya bisa mendapatkan refrensi kunci gitar? Coba cari di YouTube, dengan kata kunci "Belajar kunci dasar gitar" Atau bisa saksikan videonya dibawah ini yang bisa kamu coba dan dijadikan sebagai pembelajaran untuk bisa main gitar.


4. Berpindah-pindah kunci

Kemudian setelah kamu menguasai kunci dasarnya, cara belajar gitar selanjutnya adalah berpindah kunci, seperti yang saya sebutkan bahwa memindahkan kunci misal dari F ke C, ke E, ke Am, itu benar-benar tidak mudah, harus ada latihan khusus agar kamu bisa memindahkan kunci gitar dengan mudah.

Dengan memindahkan jari, tentu saja ini adalah bagian paling penting, satu lagu biasanya membutuhkan banyak kunci, bukan hanya satu atau dua saja, sehingga kamu perlu menguasai jari untuk bisa memindahkan kunci, seperti pada poin 2 diatas bahwa latihan jari sangat penting.


5. Latihan kunci diiringi lagu

Lagu yang sering saya jadikan sebagai pembelajaran kunci gitar adalah lagu dari band UNGU - Aku Bukan Pilihan Hatimu, karena lagu ini kuncinya sangat mudah sehingga saya bisa memainkannya tidak perlu repot-repot, kuncinya pun hanya ada 4 kunci yaitu F, C, E dan Am.

Lalu, untuk apa ini dilakukan? Jika kamu ingin bisa main gitar, tentu butuh lagu saat setelah kamu nanti bisa main gitar, jika kamu tidak bisa nyanyi sembari memainkan kunci gitar, maka ini akan sangat sulit, memainkan gitar diiringi lagu itu bukanlah hal yang mudah sehingga perlu pembelajaran.

Coba kamu pelajari bermain gitar dengan iringan lagu yang kamu bisa saja dan yang kunci nya mudah, seperti yang sudah saya berikan diatas atau jika ada yang lebih gampang coba juga semisal Rhyme In Peace Bondan, ini juga lumayan mudah hanya menggunakan kunci Am, Em, F dan C, sama seperti lagu Ungu namun berbeda penempatan kunci.



6. Jangan terburu-buru

Tips ini perlu juga kamu pahami karena belajar gitar itu butuh ketekunan dan benar-benar harus fokus, dengan begitu jika terburu-buru ini malah membuahkan hasil yang sangat mengecewakan, cobalah pelajari sehari 2 x atau 3 x dengan mempelajari satu atau dua kunci saja, terus latih setiap hari dengan mengulang-ngulang kunci yang sudah kamu pahami.

Dengan demikian, jika kamu tidak berburu-buru maka secara perlahan kamupun akan mudah menguasai semua kunci gitar, setelah kunci dasarnya di kuasai, silahkan pelajari kunci yang lain seperti kunci Balok yang susahnya minta ampun, saya pun masih dalam tahap pembelajaran kunci balok.

Itulah cara yang saya lakukan dulu ketika saya belajar gitar, tidak ada yang mengajari saya satu orang pun, saya hanya memanfaatkan media stremaing seperti YouTube disana banyak sekali channel-channel yang saya jadikan sebagai guru, seperti pada video diatas.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel yang sedang kita bahas ini, intinya jika kamu sudah benar-benar mempunyai tekad yang bulat agar bisa memainkan gitar, jangan di lengahkan saat kamu masih belajar, coba usahakan pelajari minimal seminggu 2 kali saja atau akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.

Meskipun sangat susah, jika kamu fokus belajar, kamu pun tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa main gitar, hanya beberapa bulan saja atau bahkan beberapa minggu saja jika fokus dan terus berlatih kamu pasti bisa memainkan gitar.

Akhir kata

Demikian arikel saya untuk kalian tentang Cara Saya Belajar Gitar Dengan Mudah Tanpa Guru semoga yang di semogakan tersemogakan dan kamu pasti akan cepar bisa main gitar jika melakukan tips yang sama seperti apa yang sudah saya bahas, namun jika masih kurang, mungkin karena kamu belum di berikan kelancaran saja disaat bermain gitar, terus saja belajar ya sob.