Teknik Dan Cara Mendapatkan Atau Melakukan Lucid Dream - Blog Nurdin Sikalem
lucid dream

Lucid Dream merupakan sebuah dunia mimpi antara sadar dan tidak sadar, lucid dream biasanya di lakukan oleh orang-orang yang ingin mencobanya, namun sadarlah Lucid Dream ada resiko yang bahkan mematikan untuk kita lakukan.

Mungkin kamu tertarik untuk melakukan lurcid dream sehingga kamu memberanikan diri untuk mencari tahu cara melakukan lucid dream, saya akan membahas dalam artikel ini secara lengkap mengenai lucid dream, cara mendapatkan lucid dream, cara berhenti dari lucid dream, resiko lucid dream dan yang lainnya.

Kalau kamu sudah ada niatan untuk melakukannya, maka dalam ulasan ini saya akan menjelaskannya, begitupun jika kamu hendak inign berhentin dari lucid dream dalam ualasan ini pun saya akan segera memberikan tipsnya kepada kamu.

Penjelasan apa itu Lucid Dream?

Dalam ulasan ini pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Lucid Dream? Dengan tujuan agar kamu tidak salah dengan hal ini, karena bisa saja kamu beranggapan tentang lucid dream yang ternyata bukan yang kamu maksud, untuk itu saya akan menjelaskannya terlebih dahulu.

Apa itu lucid dream? Jika saya ambil refrensinya dari Wikipedia, lucid dream artinya Mimpi Sadar, seperti dalam intro yang saya sebutkan di atas bahwa kita dalam keadaan sadar dan dalam keadaan bermimpi, untuk itu lucid dream adalah fenomenal yang sangat mencengangkan.

Lucid dream merupakan keadaan seseorang di saat orang itu menyadari bahwa dirinya dalam keadaan bermimpi, bahkan saya sendiri pernah mengalami hal ini, namun itu benar-benar murni dan saya tidak mengharapkan hal demikian.

Kita tahu di dunia mimpi kita tidak dapat mengendalikan mimpi itu, mimpi datang dengan sendirinya dan mimpi hanya dikendalikan oleh dunia hayalan, sedangkan lucid dream atau mimpi sadar dimana kita bisa mengendalikan mimpi tersebut, jikalau kamu pernah mengalami hal serupa, berarti itu adalah lucid dream.

melakukan lucid dream

Hal yang akan terjadi disaat mengalami lucid dream

Disaat kamu mengalami mimpi sadar (lucid dream) maka kamu akan mengalami tahapan tidur REM, berdasarkan refrensi yang saya dapatkan bahwa manusia mengalami 4 tahap tidur, pertama kita akan mengalami tidur ayam, setelah itu mulai tertidur, kemudian tidur nyenyak dan terakhir tidur REM.

Apa itu tidur REM? Tidur REM merupakan disaat bagian-bagian tubuh kita seperti pernafasan, detak jantung dan gerakan bola mata akan mengalami kecepatan, detak jantung akan berdetak sangat cepat, sehingga hal itu yang akan membuat kita mengalami Lucid Dream.

Meskipun kamu berada di dunia mimpi, namun kamu menyadari bahwa itu adalah mimpi, sungguh mimpi tidak dapat kita kendalikan, hanya saja lucid dream yang dapat kita kendalikan, mungkin kamu juga pernah mengalami hal ini, saya pun pernah, saya sering mengalaminya namun sangat buruk.

Contohnya seperti ini, dalam dunia mimpi sadar, di mimpi itu kamu melihat ada mobil mewah di depan rumah, kamu sadar bahwa mobil itu benar-benar ada sedangkan itu hanya mimpi, lalu kamu ingin mendekati mobil itu dan ingin menyentuhnya, dan itu dari keinginan hati kamu dan bukan khayalan, nampak seperti di dunia nyata.

Karena mungkin jika mimpi pada umumnya, hal itu tidak akan terjadi, meskipun mimpi yang kamu rasakan sama seperti lucid dream, namun kamu tidak dapat mengendalikan mimpimu untuk mendekati mobil mewah yang kamu lihat di dalam mimpi tersebut.


Lucid dream bisa didapatkan sesuai dengan keinginan sendiri

Pernahkan kamu mendengar bahwa lucid dream bisa kita dapatkan sesuai apa yang kita inginkan? Kebanyakan orang ingin mendapatkan lucid dream ini hanya karena ingin mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Contohnya ingin bertemu dengan pemain sepak bola idola kamu, maka kamu bisa bermimpi dengannya dan itu dalam keadaan sadar dan mimpi atau mimpi yang seperti nyata.

Secara tidak sengaja, semua orang bisa mengalami lucid dream, adapun jika kamu ingin mengalami lucid dream beberapa kali maka ada cara yang bisa kamu lakukan, semua orang bisa mengendalikan mimpi asalkan dengan cepat dia menyadari dan mengontrol mimpi tersebut.

Manfaat lucid dream

Mimpi sadar seringkali dilakukan oleh para ahli dan terapis untuk pengobatan terapi seperti trauma psikologis, mereka bahkan sering melakukan hal ini untuk tujuan tersebut, namun hingga saat ini masih belum terdengar tujuan manusia agar bisa mengalami mimpi ini.

Mungkin saja mereka hanya ingin melakukan sesuatu di dalam mimpi tersebut karena seperti yang telah saya jelaskan bahwa lucid dream bisa kita dapatkan sesuai dengan keinginan, namun itu tidak dipastikan akan sempurna.

Resiko lucid dream

Selain manfaat yang sudah saya tulis, lucid dream juga ternyata ada resikonya, bahkan saya beberapi kali membaca resiki lucid dream ternyata hingga mematikan, benarkah demikian? Dalam ulasan yang sama, saya akan menjelaskan bahaya dari lucid dream yang perlu kamu ketahui.

Sebenarnya jika kamu benar-benar yakin dalam mental untuk melakukan Lucid dream tidak ada bahanya, dan benar-benar aman, hal ini sudah di sebutkan oleh para ahli, dengan catatan siap mental untuk mengontrol mimpi itu.

Bagaimana jika mental kamu kurang untuk mengontrol hal-hal yang kamu rasakan di dunia mimpi sadar? Berikut ini saya kutip dari pegipegi.com bahwa disaat kamu tidak mampu mengontrol mimpi yang di alami, yang akan terjadi kamu akan terjebak setengah sadar antara mimpi dan sadar.

Di dalam terjebaknya kamu yang berada antara sadar dan mimpi, kamu akan mengalami halusinasi yang cukup hebat, maka saya jelaskan jika kamu belum siap jangan sesekali mencobanya, namun jika mental kamu sudah benar-benar siap, coba baca lagi ulasan saya selanjtunya.

Disaat lucid dream kamu alami namun tidak terkendalikan, maka akan datang sebuah mimpi yang bernama dream claustrophobia, mimpi ini adalah yang paling parah dari resiko lucid dream. Ketika jenis mimpi ini datang, kamu akan terjebak di dunia mimpi selamanya, apa kamu mau terjebak dalam mimpi selamanya? Tidak dapat bangun lagi ke dunia nyata.

Jadi mungkin saja jenis mimpi ini datang kepada kamu yang ingin menajajal lucid dream, dengan demikian saya tegaskan sekali lagi, apakah kamu sudah siap? Kalau kamu benar-benar sudah siap, berikut ini cara mendapatkan lucid dream buat kamu yang benar-benar sudah siap.

bahaya lucid dream

Cara melakukan atau mendapatkan lucid dream

Diatas sudah saya jelaskan pengertian tentang lucid dream serta keadaan kita dalam mimpi setengah sadar dan juga resiko lucid dream, dengan begitu saya juga akan memberikan tipsnya kepada kamu untuk melakukan lucid dream jika kamu sudah benar-benar siap mental.

1. Sadar dan Wasapada

Salah satu yang akan membuat kamu sukses melakukan lucid dream adalah kesadaran dan kewaspadaan kamu, cobalah untuk tetap waspada dan sadar ketika kamu hendak melakukan mimpi sadar atau lucid dream.

Apa maksud yang saya jelaskan? Jika kamu hendak bermimpi dalam keadaan sadar dan bisa mengintrol mimpi sesuai dengan keinginan kamu, tentu kamu harus peka terhadap lingkungan yang ada di sekitar, perhatikan di sekitar kamu dan ini akan membuat kamu mendapatkan mimpi sadar yang kamu harakan.

Disaat kamu melihat sesuatu yang tidak sesuai yang harus terjadi, itu berarti kamu sudah berada dalam dunia mimpi, itu adalah petunjuk terbaik untuk melakukan mimpi sadar. Masih tidak ngerti? Inti yang saya maksud adalah, kamu tetap peka dan menaruh perhatian terhadap lingkungan karena hampir seluruh orang yang mengalami lucid dream adalah mereka yang menaruh perhatian terhadap lingkungan di sekitar.

Cobalah kamu bedakan antara khayalan dan nyata, mimpi bukan suatu hal yang konsisten, dengan demikian, disaat kamu menyadari ketidakkonsistenan itu kamu akan menyadari bahwa kamu sedang berada dalam dunia mimpi.

2. Lakukan langkah berikut

Langkah yang mesti kamu lakukan jika ingin mendapatkan mimpi sadar seperti yang saya ketahui dari buku Exploring the World of  Lucid Dreaming karya Stephen Laberge dan Howard Rheingold lewat hellosehat.com.

  1. Lihat: amati apa yang Anda lihat secara lebih jelas dan terperinci. Misalnya bentuk, warna, dimensi, pergerakan, hingga detil teksturnya
  2. Dengar: Pahami apa yang Anda dengar dari mulai nada, intonasi, volume, penekanan suara, hingga macam-macam bunyi.
  3. Rasakan: Sadari apa yang Anda sentuh, seperti apa teksturnya — apakah lembut, kasar, kering, lengket, atau basah. Selain itu juga sadari apa yang tubuh Anda rasakan saat ini apakah lelah, semangat, sakit, dan lainnya.
  4. Cicipi: Kenali apa yang Anda cicipi dari berbagai jenis makanan yang berbeda — apakah manis, asam, asin, pahit, atau hambar. Gambarkan dengan jelas rasa dari masing-masing tersebut.
  5. Baui: Sadari dan bedakan apa yang Anda cium atau baui. Bau parfum, kopi, bawang, bau hujan, apapun itu. Bayangkan secara jelas perbedaan aroma dari tiap benda tersebut.
  6. Pernapasan: Sadari bagaimana proses Anda bernapas, mulai dari bagaimana Anda menghirup hingga menghembuskan napas. Perhatikan betul bagaimana dada Anda bergerak kembang kempis setiap kali bernapas. Untuk melatihnya, tahan napas Anda untuk beberapa detik. Lalu keluarkan perlahan. Sekarang, tarik napas dalam-dalam. Perhatikan proses bernapas hingga Anda bisa mengubah polanya dengan sengaja.
  7. Emosi: Sadari dan bedakan setiap emosi yang Anda keluarkan. Ingat perbedaan antara marah dan senang, tenang, dan heboh, dan bentuk emosi lainnya yang bisa Anda rasakan. Rasakan emosi nyata  tersebut.
  8. Pikiran: Sadari apa yang Anda pikirkan ketika sedang mengerjakan sesuatu, atau apa yang Anda pikirkan sekarang. Intinya sadari setiap hal yang Anda pikirkan pada setiap kesempatan.

3. Bangun setelah tidur dan tidur lagi

Kamu juga bisa mencoba metode ini, cobalah kamu bangun setelah kamu tidur 5-6 jam, kalau tidak bisa bangun, nyalakan alarm sesuai dengan waktu yang kamu tentukan, misalnya setelah 5 jam kamu tidur dan ingin bangun.

Biarkan kamu bangun setelah tidur tadi kira-kira 5 menit saja, lalu bangun lagi, hal ini akan membuat kamu mendapatkan lucid dream. Bagaimana bisa? Karena disaat kamu bangun setelah tidur dan bangun lagi, disitulah REM tidur akan terjadi, sudah saya jelaskan kan, bahwa lucid dream terjadi disaat tahapan REM tidur?.

Maka dari itu, kamu bisa melakukan cara ini, jika kamu sudah benar-benar bulat ingin mengalami lucid dream, kalau saya sudah tidak mampu, hehe.

Itulah cara melakukan lucid dream dengan mudah, lakukan sesuai teknik yang saya jelaskan diatas jika kamu ingin merasakan lucid dream, kalau takut dengan resikonya, maka hindarilah biarkan kamu tidur pulas dan bermimpi biasa.

cara mendapatkan lucid dream

Kesimpulan

Lucid dream atau mimpi sadar yang telah saya jelaskan memang sering diburu oleh orang-orang entah apa tujuan mereka memburu mimpi tersebut, saya pun pernah, namun sekarang saya tidak mau lagi mengalami mimpi sadar, karena saya tidak mampu mengendalikan mimpi itu.

Perlu kamu ketahui, mimpi sadar biasanya akan dirasakan oleh setiap orang selama seumur hidup yaitu satu kali saja dengan sendirinya, mungkin kamu juga pernah mengalami ini sebelum-sebelumnya namun kamu tidak menyadarinya bahwa itu lucid dream.

Akan tetapi, meskipun hanya di rasakan sekali seumur hidup, kamu masih bisa merasakannya lagi dengan teknik-teknik tertentu seperti teknik yang sudah saya berikan diatas, jika kamu mau, silahkan saja di coba, tapi saya tidak mau tanggung jawab resikonya ya, hehe.

Akhir kata

Nah itulah kira-kira artikel saya mengenai Teknik Dan Cara Mendapatkan Atau Melakukan Lucid Dream semoga kamu yang ingin mencoba lucid dream bisa dan tidak ada resiko yang kamu terima, salam sejahtera.

Teknik Dan Cara Mendapatkan Atau Melakukan Lucid Dream

Teknik Dan Cara Mendapatkan Atau Melakukan Lucid Dream
Blog Nurdin Sikalem
lucid dream

Lucid Dream merupakan sebuah dunia mimpi antara sadar dan tidak sadar, lucid dream biasanya di lakukan oleh orang-orang yang ingin mencobanya, namun sadarlah Lucid Dream ada resiko yang bahkan mematikan untuk kita lakukan.

Mungkin kamu tertarik untuk melakukan lurcid dream sehingga kamu memberanikan diri untuk mencari tahu cara melakukan lucid dream, saya akan membahas dalam artikel ini secara lengkap mengenai lucid dream, cara mendapatkan lucid dream, cara berhenti dari lucid dream, resiko lucid dream dan yang lainnya.

Kalau kamu sudah ada niatan untuk melakukannya, maka dalam ulasan ini saya akan menjelaskannya, begitupun jika kamu hendak inign berhentin dari lucid dream dalam ualasan ini pun saya akan segera memberikan tipsnya kepada kamu.

Penjelasan apa itu Lucid Dream?

Dalam ulasan ini pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Lucid Dream? Dengan tujuan agar kamu tidak salah dengan hal ini, karena bisa saja kamu beranggapan tentang lucid dream yang ternyata bukan yang kamu maksud, untuk itu saya akan menjelaskannya terlebih dahulu.

Apa itu lucid dream? Jika saya ambil refrensinya dari Wikipedia, lucid dream artinya Mimpi Sadar, seperti dalam intro yang saya sebutkan di atas bahwa kita dalam keadaan sadar dan dalam keadaan bermimpi, untuk itu lucid dream adalah fenomenal yang sangat mencengangkan.

Lucid dream merupakan keadaan seseorang di saat orang itu menyadari bahwa dirinya dalam keadaan bermimpi, bahkan saya sendiri pernah mengalami hal ini, namun itu benar-benar murni dan saya tidak mengharapkan hal demikian.

Kita tahu di dunia mimpi kita tidak dapat mengendalikan mimpi itu, mimpi datang dengan sendirinya dan mimpi hanya dikendalikan oleh dunia hayalan, sedangkan lucid dream atau mimpi sadar dimana kita bisa mengendalikan mimpi tersebut, jikalau kamu pernah mengalami hal serupa, berarti itu adalah lucid dream.

melakukan lucid dream

Hal yang akan terjadi disaat mengalami lucid dream

Disaat kamu mengalami mimpi sadar (lucid dream) maka kamu akan mengalami tahapan tidur REM, berdasarkan refrensi yang saya dapatkan bahwa manusia mengalami 4 tahap tidur, pertama kita akan mengalami tidur ayam, setelah itu mulai tertidur, kemudian tidur nyenyak dan terakhir tidur REM.

Apa itu tidur REM? Tidur REM merupakan disaat bagian-bagian tubuh kita seperti pernafasan, detak jantung dan gerakan bola mata akan mengalami kecepatan, detak jantung akan berdetak sangat cepat, sehingga hal itu yang akan membuat kita mengalami Lucid Dream.

Meskipun kamu berada di dunia mimpi, namun kamu menyadari bahwa itu adalah mimpi, sungguh mimpi tidak dapat kita kendalikan, hanya saja lucid dream yang dapat kita kendalikan, mungkin kamu juga pernah mengalami hal ini, saya pun pernah, saya sering mengalaminya namun sangat buruk.

Contohnya seperti ini, dalam dunia mimpi sadar, di mimpi itu kamu melihat ada mobil mewah di depan rumah, kamu sadar bahwa mobil itu benar-benar ada sedangkan itu hanya mimpi, lalu kamu ingin mendekati mobil itu dan ingin menyentuhnya, dan itu dari keinginan hati kamu dan bukan khayalan, nampak seperti di dunia nyata.

Karena mungkin jika mimpi pada umumnya, hal itu tidak akan terjadi, meskipun mimpi yang kamu rasakan sama seperti lucid dream, namun kamu tidak dapat mengendalikan mimpimu untuk mendekati mobil mewah yang kamu lihat di dalam mimpi tersebut.


Lucid dream bisa didapatkan sesuai dengan keinginan sendiri

Pernahkan kamu mendengar bahwa lucid dream bisa kita dapatkan sesuai apa yang kita inginkan? Kebanyakan orang ingin mendapatkan lucid dream ini hanya karena ingin mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Contohnya ingin bertemu dengan pemain sepak bola idola kamu, maka kamu bisa bermimpi dengannya dan itu dalam keadaan sadar dan mimpi atau mimpi yang seperti nyata.

Secara tidak sengaja, semua orang bisa mengalami lucid dream, adapun jika kamu ingin mengalami lucid dream beberapa kali maka ada cara yang bisa kamu lakukan, semua orang bisa mengendalikan mimpi asalkan dengan cepat dia menyadari dan mengontrol mimpi tersebut.

Manfaat lucid dream

Mimpi sadar seringkali dilakukan oleh para ahli dan terapis untuk pengobatan terapi seperti trauma psikologis, mereka bahkan sering melakukan hal ini untuk tujuan tersebut, namun hingga saat ini masih belum terdengar tujuan manusia agar bisa mengalami mimpi ini.

Mungkin saja mereka hanya ingin melakukan sesuatu di dalam mimpi tersebut karena seperti yang telah saya jelaskan bahwa lucid dream bisa kita dapatkan sesuai dengan keinginan, namun itu tidak dipastikan akan sempurna.

Resiko lucid dream

Selain manfaat yang sudah saya tulis, lucid dream juga ternyata ada resikonya, bahkan saya beberapi kali membaca resiki lucid dream ternyata hingga mematikan, benarkah demikian? Dalam ulasan yang sama, saya akan menjelaskan bahaya dari lucid dream yang perlu kamu ketahui.

Sebenarnya jika kamu benar-benar yakin dalam mental untuk melakukan Lucid dream tidak ada bahanya, dan benar-benar aman, hal ini sudah di sebutkan oleh para ahli, dengan catatan siap mental untuk mengontrol mimpi itu.

Bagaimana jika mental kamu kurang untuk mengontrol hal-hal yang kamu rasakan di dunia mimpi sadar? Berikut ini saya kutip dari pegipegi.com bahwa disaat kamu tidak mampu mengontrol mimpi yang di alami, yang akan terjadi kamu akan terjebak setengah sadar antara mimpi dan sadar.

Di dalam terjebaknya kamu yang berada antara sadar dan mimpi, kamu akan mengalami halusinasi yang cukup hebat, maka saya jelaskan jika kamu belum siap jangan sesekali mencobanya, namun jika mental kamu sudah benar-benar siap, coba baca lagi ulasan saya selanjtunya.

Disaat lucid dream kamu alami namun tidak terkendalikan, maka akan datang sebuah mimpi yang bernama dream claustrophobia, mimpi ini adalah yang paling parah dari resiko lucid dream. Ketika jenis mimpi ini datang, kamu akan terjebak di dunia mimpi selamanya, apa kamu mau terjebak dalam mimpi selamanya? Tidak dapat bangun lagi ke dunia nyata.

Jadi mungkin saja jenis mimpi ini datang kepada kamu yang ingin menajajal lucid dream, dengan demikian saya tegaskan sekali lagi, apakah kamu sudah siap? Kalau kamu benar-benar sudah siap, berikut ini cara mendapatkan lucid dream buat kamu yang benar-benar sudah siap.

bahaya lucid dream

Cara melakukan atau mendapatkan lucid dream

Diatas sudah saya jelaskan pengertian tentang lucid dream serta keadaan kita dalam mimpi setengah sadar dan juga resiko lucid dream, dengan begitu saya juga akan memberikan tipsnya kepada kamu untuk melakukan lucid dream jika kamu sudah benar-benar siap mental.

1. Sadar dan Wasapada

Salah satu yang akan membuat kamu sukses melakukan lucid dream adalah kesadaran dan kewaspadaan kamu, cobalah untuk tetap waspada dan sadar ketika kamu hendak melakukan mimpi sadar atau lucid dream.

Apa maksud yang saya jelaskan? Jika kamu hendak bermimpi dalam keadaan sadar dan bisa mengintrol mimpi sesuai dengan keinginan kamu, tentu kamu harus peka terhadap lingkungan yang ada di sekitar, perhatikan di sekitar kamu dan ini akan membuat kamu mendapatkan mimpi sadar yang kamu harakan.

Disaat kamu melihat sesuatu yang tidak sesuai yang harus terjadi, itu berarti kamu sudah berada dalam dunia mimpi, itu adalah petunjuk terbaik untuk melakukan mimpi sadar. Masih tidak ngerti? Inti yang saya maksud adalah, kamu tetap peka dan menaruh perhatian terhadap lingkungan karena hampir seluruh orang yang mengalami lucid dream adalah mereka yang menaruh perhatian terhadap lingkungan di sekitar.

Cobalah kamu bedakan antara khayalan dan nyata, mimpi bukan suatu hal yang konsisten, dengan demikian, disaat kamu menyadari ketidakkonsistenan itu kamu akan menyadari bahwa kamu sedang berada dalam dunia mimpi.

2. Lakukan langkah berikut

Langkah yang mesti kamu lakukan jika ingin mendapatkan mimpi sadar seperti yang saya ketahui dari buku Exploring the World of  Lucid Dreaming karya Stephen Laberge dan Howard Rheingold lewat hellosehat.com.

  1. Lihat: amati apa yang Anda lihat secara lebih jelas dan terperinci. Misalnya bentuk, warna, dimensi, pergerakan, hingga detil teksturnya
  2. Dengar: Pahami apa yang Anda dengar dari mulai nada, intonasi, volume, penekanan suara, hingga macam-macam bunyi.
  3. Rasakan: Sadari apa yang Anda sentuh, seperti apa teksturnya — apakah lembut, kasar, kering, lengket, atau basah. Selain itu juga sadari apa yang tubuh Anda rasakan saat ini apakah lelah, semangat, sakit, dan lainnya.
  4. Cicipi: Kenali apa yang Anda cicipi dari berbagai jenis makanan yang berbeda — apakah manis, asam, asin, pahit, atau hambar. Gambarkan dengan jelas rasa dari masing-masing tersebut.
  5. Baui: Sadari dan bedakan apa yang Anda cium atau baui. Bau parfum, kopi, bawang, bau hujan, apapun itu. Bayangkan secara jelas perbedaan aroma dari tiap benda tersebut.
  6. Pernapasan: Sadari bagaimana proses Anda bernapas, mulai dari bagaimana Anda menghirup hingga menghembuskan napas. Perhatikan betul bagaimana dada Anda bergerak kembang kempis setiap kali bernapas. Untuk melatihnya, tahan napas Anda untuk beberapa detik. Lalu keluarkan perlahan. Sekarang, tarik napas dalam-dalam. Perhatikan proses bernapas hingga Anda bisa mengubah polanya dengan sengaja.
  7. Emosi: Sadari dan bedakan setiap emosi yang Anda keluarkan. Ingat perbedaan antara marah dan senang, tenang, dan heboh, dan bentuk emosi lainnya yang bisa Anda rasakan. Rasakan emosi nyata  tersebut.
  8. Pikiran: Sadari apa yang Anda pikirkan ketika sedang mengerjakan sesuatu, atau apa yang Anda pikirkan sekarang. Intinya sadari setiap hal yang Anda pikirkan pada setiap kesempatan.

3. Bangun setelah tidur dan tidur lagi

Kamu juga bisa mencoba metode ini, cobalah kamu bangun setelah kamu tidur 5-6 jam, kalau tidak bisa bangun, nyalakan alarm sesuai dengan waktu yang kamu tentukan, misalnya setelah 5 jam kamu tidur dan ingin bangun.

Biarkan kamu bangun setelah tidur tadi kira-kira 5 menit saja, lalu bangun lagi, hal ini akan membuat kamu mendapatkan lucid dream. Bagaimana bisa? Karena disaat kamu bangun setelah tidur dan bangun lagi, disitulah REM tidur akan terjadi, sudah saya jelaskan kan, bahwa lucid dream terjadi disaat tahapan REM tidur?.

Maka dari itu, kamu bisa melakukan cara ini, jika kamu sudah benar-benar bulat ingin mengalami lucid dream, kalau saya sudah tidak mampu, hehe.

Itulah cara melakukan lucid dream dengan mudah, lakukan sesuai teknik yang saya jelaskan diatas jika kamu ingin merasakan lucid dream, kalau takut dengan resikonya, maka hindarilah biarkan kamu tidur pulas dan bermimpi biasa.

cara mendapatkan lucid dream

Kesimpulan

Lucid dream atau mimpi sadar yang telah saya jelaskan memang sering diburu oleh orang-orang entah apa tujuan mereka memburu mimpi tersebut, saya pun pernah, namun sekarang saya tidak mau lagi mengalami mimpi sadar, karena saya tidak mampu mengendalikan mimpi itu.

Perlu kamu ketahui, mimpi sadar biasanya akan dirasakan oleh setiap orang selama seumur hidup yaitu satu kali saja dengan sendirinya, mungkin kamu juga pernah mengalami ini sebelum-sebelumnya namun kamu tidak menyadarinya bahwa itu lucid dream.

Akan tetapi, meskipun hanya di rasakan sekali seumur hidup, kamu masih bisa merasakannya lagi dengan teknik-teknik tertentu seperti teknik yang sudah saya berikan diatas, jika kamu mau, silahkan saja di coba, tapi saya tidak mau tanggung jawab resikonya ya, hehe.

Akhir kata

Nah itulah kira-kira artikel saya mengenai Teknik Dan Cara Mendapatkan Atau Melakukan Lucid Dream semoga kamu yang ingin mencoba lucid dream bisa dan tidak ada resiko yang kamu terima, salam sejahtera.