Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Dan Terbukti Ampuh - Blog Nurdin Sikalem
atasi gigi dengan bahan alami

Cara mengobati sakit gigi alami mungkin ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang yang sedang mengalami sakit gigi, penyakit yang satu ini memang sangat umum dirasakan oleh orang-orang karena disebabkan oleh banyak faktor, seperti makanan, minuman, atau yang lainnya.

Rasa yang menganggu, mungkin kamu pernah merasakan betapa sakitnya gigi, bahkan tidak tahan ketika mendengar yang bising-bising, meskipun alhamdulillah saya belum pernah mengalami penyakit sakit gigi, akan tetapi saya tahu kalau skait gigi itu amat menyakitkan, apalagi banyak teman-teman saya yang mengalami ini mereka pun tidak bisa melakukan aktivitas dan hari-harinya mencari obat sakit gigi.

Dengan rasa prihatin saya karena saya tahu kalau sakit gigi itu penyakit yang luar biasa meskipun belum ada yang terdengar meninggal karena sakit gigi, akan tetapi rasa sakitnya bagaikan nyawa tinggal setengah, benar kan saya?.

Dengan demikian, disini dalam kesempatan ini saya akan memberikan cara atau tips atau saran bagi kamu yang ingin mengobati sakit gigi dengan bahan yang digunakan adalah bahan alami. Bahan alami yang akan saya bahas mungkin sudah sering digunakan oleh kebanyakan orang, namun mungkin juga disisi lain ada orang yang belum mengetahuinya.

Sehingga, dengan turut ikhlas saya akan berbagi bahannya kepada kamu, jika kamu ingin mengetahuinya maka bacalah aritkel ini hingga tuntas agar lebih tahu dan paham bagaimana cara mengobati sakit gigi yang mengganggu rasanyapun begitu menyakitkan.

Sebelum kita membahas obatnya, kita akan membahas terlebih dahulu apa saja penyebab sakit gigi? apa saja faktor yang menyebabkan gigi terasa sakit hingga perlahan-lahan sakit itu meningkat dan menurun. Berikut sepengetahuan saya tentang faktor yang menjadi penyebab sakit gigi.

Mungkin Kamu Butuh : Obat Jengkolan Paling Ampuh

Penyebab gigi sakit

sakit gigi berlubang

Berikut penyebab-penyebab gigi sakit yang saya ketahui yang mengakibatkan semuanya terasa seperti dunia ini sempit, ya karena saya tahu sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati karena cinta, hehe, ya begitulah kira-kira.

1. Adanya penyakit gusi

Sebenarnya sakit gigi itu ada macam-macam, seperti penyakit gusi, penyakit gusi menyebabkan rasa yang tidak wajar, adapun penyebabnya, penyakit gusi diakibatkan karena adanya plak disekitar gusi yang menumpuk. Ini membuat gusi menjadi meradang sehingga rasanya pun begitu sangat sakit.

Peradakan ini diakibatkan adanya bakteri yang menumpukkan plak gigi, menjadikan sekitar gigi bengkak, berdarah, dan memerah. Jika penyakit ini tidak segera sembuh, yang akan terjadi adalah kamu akan mengalami Gingivitis sebagaimana yang telah di sebutkan di laman.

2. Gigi patah atau meretak

Hal lain yang menyebabkan sakit gigi karena adanya peretakkan gigi maupun patah, mungkin secara tidak sadar kamu mengalami sakit gigi yang tidak tahu asal-usulnya, tidak ada gigi yang bolong, tidak ada peradangan namun gigi tiba-tiba sakit tanpa alasan. Hal ini terjadi karena masalah meretakknya gigi.

Retak atau patahnya gigi bisa saja diakibatkan oleh kebiasaan kamu sendiri, seperti sering mengunyah yang tidak jelas, mengunyah yang keras-keras, gigi melemah, gigi cedera dan yang lainnya yang menyebabkan hal demikian terjadi.

Jika terjadi retakkan yang sangat parah, hal ini membuat rasa sakit begitu tidak tertolong, bakteri akan mudah berkumpul didalam gigi yang meretak maupun mematah, tentu saja bakteri yang menyebabkan infeksi itu akan membuat gigi kita terasa sakit yang mendalam.

3. Gigi membusuk (karies gigi)

Atau kata lain disebut dengan karies gigi merupakan masalah busuknya gigi, tentu saja hal ini membuat rasa sakit pada gigi kita yang mungkin membuat kita hingga tak sadarkan diri diakibatkan rasa sakitnya yang begitu tajam.

Memang, ketika busuk yang terjadi pada bagian rongga kecil di luar gigi atau disebut dengan enamel tidak terasa sakit, akan tetapi, jika busuknya gigi atau karies gigi masuk kebagian dalam email gigi, maka rasa sakit pun akan dirasakan secara pecuma. Ketika hal ini dibiarkan, yang akan terjadi adalah timbulnya lubang gigi, nah ini yang lebih sakit lagi.

Satu hal yang lebih buruk lagi dari pembusukan gigi, ketika pembusukan berlangsung hingga ke lapiasn terdalam gigig, maka sakit yang dirasakan akan bertambah lebih parah. Infeksi nya juga akan mengakibatkan kematian gigi yang menyebabkan pengumpulan nanah, wah, ngeri sekali ini, jangan dibiarkan sob.

4. Gigi Sensitif

Yang keempat merupakan penyebab sakit gigi yang umum di terjadi, karena gigi yang sensitif sakit pun akan mudah dirasakan. Gigi yang sensitif tidak akan tahan ketika makan atau minum yang dingin maupun panas, gigi sensitif diakibatkan karena resesi gusi.

Selain ke empat yang sudah saya tentunya masih ada lagi penyebab sakit gigi yang mungkin kamu rasakan saat ini ataupun pernah kamu rasakan sebelumnya, lalu, bagaimana cara mengobatinya dengan bahan-bahan alami? Kita lanjtukan ya sob.


Cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami

cara atasi gigi yang sakit

Setelah kita mengetahui penyebab sakit gigi diatas, sesuai janji saya maka akan saya berikan kepada sobat yang sedang membaca tulisan ini, berikut cara mengobati sakit gigi secara alami yang kemungkinan bisa kamu dapatkan bahannya dengan sangat mudah dan tidak perlu mengelaurkan banyak uang.

Daftar isi

1. Bawang merah

Apa kamu pernah mendengar bahwa bawang merah bisa mengobati sakit gigi? Jika iya, berarti itu benar, berdasarkan referensi yang sudah banyak sekali membahas mengenai obat sakit gigi hanya dengan bawang merah saja, maka demikian juga dengan yang saya berikan kepada kalian, yaitu bawang merah bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi.

Cara melakukannya tidak perlu ribet, kalian cukup mengunyah bawang merah yang mentah, inget ya Kunyah Bawang Merah Mentah bukan yang sudah di masak atau di goreng tapi yang masih mentah, awas, hati-hati ni jangan sampai salah.

Memangnya apa sih manfaat bawang merah kok bisa ya ngobatin sakit gigi?

Jangan salah sob, apa sih enggak bisa di dunia ini selama kita mampu, bahkan sukses pun jika kita terus berjuang akan mudah di capai, seperti bawang merah yang manfaatnya bukan cuma bumbu makanan, namun juga bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi.

Bawang merah memiliki sifat antimikrobial dan antiseptik, tentu ini memiliki fungsi yang luar biasa, kandungan sifat tersebut mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi, jadi inilah kenapa bawang merah bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah sakit gigi.

Silahkan kunyah bawang selama beberapa menit semampu kamu, kalau tidak mampu terus saja hingga kamu mampu, jika tidak ada bawang merah, bawang putih juga bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi dengan cara melakukannya sama seperti bawang merah.

2. Air garam

Kenapa saya bahas bahan-bahannya yang sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami sakit gigi? Seperti di paragraf yang telah saya sebutkan diatas bahwa benar mungkin kamu juga sudah mengetahuinya namun saya akan mengulas ini karena untuk membuat si yang mengalami sakit gigi lebih memahami dan lebih mengetahui lagi bahwa bahan-bahan yang sering digunakan benar bisa mengobati sakit gigi.

Seperti air garam, tentu saja air garam mengandung sifat asin, sehingga dia mampu mengobati gigi yang terasa sakit, lalu, bagaimana dia bekerja hingga bisa mengatasi sakit gigi?.

Saat gigi kamu bermasalah meskipun kamu pergi ke Dokter, mereka tidak bisa mengobatinya karena bermasalah, salah satu cara yang mampu mengatasi ini adalah berkumur dengan air garam, dengan demikian, dokter akan mampu mengobati gigi kamu yang sedang sakit.

Bukan cuma itu, bahkan tanpa perlu pergi ke dokterpun kamu sudah bisa menghilangkan rasa nyeri di gigi dengan hanya berkumur air garam saja, pecayalah banyak orang yang menganggap air garam mampu mengatasi masalah yang di rasakan pada gigi.

Cukup setengah sendok makan yang di campur dengan air 240 mili, lalu kumur-kumur di mulut, setelah itu tunggu hasilnya, apakah nanti hasil yang memuaskan? tentunya ini akan menjadi obat paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

3. Cuka

Siapa bilang cuka tidak bisa mengobati sakit gigi? Nyatanya banyak orang yang percaya bahwa cuka merupakan obat sakit gigi alternatif yang sering kali digunakan untuk mengatasi masalah gigi yang sedang sakit.

Baik itu cuka apel maupun cuka dapur, keduanya bisa digunakan sebagai obat yang sedang kita bahas ini, kedua cuka tersebut mengandung antimikrobial dan antibakteri, sehingga cuka bisa mengatasi permasalahan gigi yang sakit.

Namun, ketika kamu ingin mengobati sakit gigi dengan cuka, silahkan ambil cuka baik cuka apel maupun cuka dapur, lalu kumur-kumur dimulut. Jika gigi kamu berlubang, silahkan larutkan selama 30 detik di bagian gigi yang berlubang ataupun bagian gigi yang mengalami sakit akibat penyakit gigi.

Cara alternaitf apabila kamu tidak tahan dengan asam cuka, kamu bisa melakukannya dengan cara meneteskan cuka pada kapas dan tempelkan pada gigi yang mengalami sakit, insa Allah ini mampu mengatasi sakit yang sangat nyeri.

4. Daun jambu

Kemudian kamu juga bisa lho menggunakan daun jambu sebagai bahan untuk mengobati sakit gigi, tentunya ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli obat, ya dengan daun jambu saja obat sakit gigi alami sudah kamu dapatkan.

Daun jambu merah dapat meringankan rasa ngilu pada gigi karena daun jambu memiliki sifat anti radang, antimikrobial dan analgesik. Untuk menggunakannya cukup mudah, siapkan dua lembar daun jambu merah lalu kunyah hingga ekstrak daun jambu nya kelaur.

Itulah obat alami untuk mengatasi sakit gigi yang sangat menyaktikan, betapa sakitnya lebih dari sakit karena cinta, sakit gigi membuat orang lemah, rasa sakitnya yang berdenyut-denyut membuat orang yang mengalami ini susah melakukan aktivitas sehingga lekas di obati dengan bahan yang sudah saya babarkan di atas.

Kesimpulan

Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami sakit gigi dan ingin segera mengobatinya silahkan obati dengan cara yang sudah saya sebutkan, sakit gigi sebenarnya banyak sekali obatnya, namun saya hanya memberikannya kepada kalian ke 4 yang sudah di tuliskan diatas.

Umumnya, sakit gigi terdapat beberapa jenis, namun yang lebih menyakitkan adalah gigi berlubang, ketika kita makan pun makanan akan nyempil pada lubang gigi sehingga hal itu akan membuat sakitnya menambah parah, untuk itu diharapkan segera mengobati sebelum tambah parah.

Akhir kata

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Dan Terbukti Ampuh semoga saja bermanfaat hingga sakit gigi yang kamu alami mampu teratasi dengan cara yang sudah saya berikan didalam postingan saya ini.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Dan Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Dan Terbukti Ampuh
Blog Nurdin Sikalem
atasi gigi dengan bahan alami

Cara mengobati sakit gigi alami mungkin ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang yang sedang mengalami sakit gigi, penyakit yang satu ini memang sangat umum dirasakan oleh orang-orang karena disebabkan oleh banyak faktor, seperti makanan, minuman, atau yang lainnya.

Rasa yang menganggu, mungkin kamu pernah merasakan betapa sakitnya gigi, bahkan tidak tahan ketika mendengar yang bising-bising, meskipun alhamdulillah saya belum pernah mengalami penyakit sakit gigi, akan tetapi saya tahu kalau skait gigi itu amat menyakitkan, apalagi banyak teman-teman saya yang mengalami ini mereka pun tidak bisa melakukan aktivitas dan hari-harinya mencari obat sakit gigi.

Dengan rasa prihatin saya karena saya tahu kalau sakit gigi itu penyakit yang luar biasa meskipun belum ada yang terdengar meninggal karena sakit gigi, akan tetapi rasa sakitnya bagaikan nyawa tinggal setengah, benar kan saya?.

Dengan demikian, disini dalam kesempatan ini saya akan memberikan cara atau tips atau saran bagi kamu yang ingin mengobati sakit gigi dengan bahan yang digunakan adalah bahan alami. Bahan alami yang akan saya bahas mungkin sudah sering digunakan oleh kebanyakan orang, namun mungkin juga disisi lain ada orang yang belum mengetahuinya.

Sehingga, dengan turut ikhlas saya akan berbagi bahannya kepada kamu, jika kamu ingin mengetahuinya maka bacalah aritkel ini hingga tuntas agar lebih tahu dan paham bagaimana cara mengobati sakit gigi yang mengganggu rasanyapun begitu menyakitkan.

Sebelum kita membahas obatnya, kita akan membahas terlebih dahulu apa saja penyebab sakit gigi? apa saja faktor yang menyebabkan gigi terasa sakit hingga perlahan-lahan sakit itu meningkat dan menurun. Berikut sepengetahuan saya tentang faktor yang menjadi penyebab sakit gigi.

Mungkin Kamu Butuh : Obat Jengkolan Paling Ampuh

Penyebab gigi sakit

sakit gigi berlubang

Berikut penyebab-penyebab gigi sakit yang saya ketahui yang mengakibatkan semuanya terasa seperti dunia ini sempit, ya karena saya tahu sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati karena cinta, hehe, ya begitulah kira-kira.

1. Adanya penyakit gusi

Sebenarnya sakit gigi itu ada macam-macam, seperti penyakit gusi, penyakit gusi menyebabkan rasa yang tidak wajar, adapun penyebabnya, penyakit gusi diakibatkan karena adanya plak disekitar gusi yang menumpuk. Ini membuat gusi menjadi meradang sehingga rasanya pun begitu sangat sakit.

Peradakan ini diakibatkan adanya bakteri yang menumpukkan plak gigi, menjadikan sekitar gigi bengkak, berdarah, dan memerah. Jika penyakit ini tidak segera sembuh, yang akan terjadi adalah kamu akan mengalami Gingivitis sebagaimana yang telah di sebutkan di laman.

2. Gigi patah atau meretak

Hal lain yang menyebabkan sakit gigi karena adanya peretakkan gigi maupun patah, mungkin secara tidak sadar kamu mengalami sakit gigi yang tidak tahu asal-usulnya, tidak ada gigi yang bolong, tidak ada peradangan namun gigi tiba-tiba sakit tanpa alasan. Hal ini terjadi karena masalah meretakknya gigi.

Retak atau patahnya gigi bisa saja diakibatkan oleh kebiasaan kamu sendiri, seperti sering mengunyah yang tidak jelas, mengunyah yang keras-keras, gigi melemah, gigi cedera dan yang lainnya yang menyebabkan hal demikian terjadi.

Jika terjadi retakkan yang sangat parah, hal ini membuat rasa sakit begitu tidak tertolong, bakteri akan mudah berkumpul didalam gigi yang meretak maupun mematah, tentu saja bakteri yang menyebabkan infeksi itu akan membuat gigi kita terasa sakit yang mendalam.

3. Gigi membusuk (karies gigi)

Atau kata lain disebut dengan karies gigi merupakan masalah busuknya gigi, tentu saja hal ini membuat rasa sakit pada gigi kita yang mungkin membuat kita hingga tak sadarkan diri diakibatkan rasa sakitnya yang begitu tajam.

Memang, ketika busuk yang terjadi pada bagian rongga kecil di luar gigi atau disebut dengan enamel tidak terasa sakit, akan tetapi, jika busuknya gigi atau karies gigi masuk kebagian dalam email gigi, maka rasa sakit pun akan dirasakan secara pecuma. Ketika hal ini dibiarkan, yang akan terjadi adalah timbulnya lubang gigi, nah ini yang lebih sakit lagi.

Satu hal yang lebih buruk lagi dari pembusukan gigi, ketika pembusukan berlangsung hingga ke lapiasn terdalam gigig, maka sakit yang dirasakan akan bertambah lebih parah. Infeksi nya juga akan mengakibatkan kematian gigi yang menyebabkan pengumpulan nanah, wah, ngeri sekali ini, jangan dibiarkan sob.

4. Gigi Sensitif

Yang keempat merupakan penyebab sakit gigi yang umum di terjadi, karena gigi yang sensitif sakit pun akan mudah dirasakan. Gigi yang sensitif tidak akan tahan ketika makan atau minum yang dingin maupun panas, gigi sensitif diakibatkan karena resesi gusi.

Selain ke empat yang sudah saya tentunya masih ada lagi penyebab sakit gigi yang mungkin kamu rasakan saat ini ataupun pernah kamu rasakan sebelumnya, lalu, bagaimana cara mengobatinya dengan bahan-bahan alami? Kita lanjtukan ya sob.


Cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami

cara atasi gigi yang sakit

Setelah kita mengetahui penyebab sakit gigi diatas, sesuai janji saya maka akan saya berikan kepada sobat yang sedang membaca tulisan ini, berikut cara mengobati sakit gigi secara alami yang kemungkinan bisa kamu dapatkan bahannya dengan sangat mudah dan tidak perlu mengelaurkan banyak uang.

Daftar isi

1. Bawang merah

Apa kamu pernah mendengar bahwa bawang merah bisa mengobati sakit gigi? Jika iya, berarti itu benar, berdasarkan referensi yang sudah banyak sekali membahas mengenai obat sakit gigi hanya dengan bawang merah saja, maka demikian juga dengan yang saya berikan kepada kalian, yaitu bawang merah bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi.

Cara melakukannya tidak perlu ribet, kalian cukup mengunyah bawang merah yang mentah, inget ya Kunyah Bawang Merah Mentah bukan yang sudah di masak atau di goreng tapi yang masih mentah, awas, hati-hati ni jangan sampai salah.

Memangnya apa sih manfaat bawang merah kok bisa ya ngobatin sakit gigi?

Jangan salah sob, apa sih enggak bisa di dunia ini selama kita mampu, bahkan sukses pun jika kita terus berjuang akan mudah di capai, seperti bawang merah yang manfaatnya bukan cuma bumbu makanan, namun juga bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi.

Bawang merah memiliki sifat antimikrobial dan antiseptik, tentu ini memiliki fungsi yang luar biasa, kandungan sifat tersebut mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi, jadi inilah kenapa bawang merah bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah sakit gigi.

Silahkan kunyah bawang selama beberapa menit semampu kamu, kalau tidak mampu terus saja hingga kamu mampu, jika tidak ada bawang merah, bawang putih juga bisa di jadikan sebagai obat sakit gigi dengan cara melakukannya sama seperti bawang merah.

2. Air garam

Kenapa saya bahas bahan-bahannya yang sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami sakit gigi? Seperti di paragraf yang telah saya sebutkan diatas bahwa benar mungkin kamu juga sudah mengetahuinya namun saya akan mengulas ini karena untuk membuat si yang mengalami sakit gigi lebih memahami dan lebih mengetahui lagi bahwa bahan-bahan yang sering digunakan benar bisa mengobati sakit gigi.

Seperti air garam, tentu saja air garam mengandung sifat asin, sehingga dia mampu mengobati gigi yang terasa sakit, lalu, bagaimana dia bekerja hingga bisa mengatasi sakit gigi?.

Saat gigi kamu bermasalah meskipun kamu pergi ke Dokter, mereka tidak bisa mengobatinya karena bermasalah, salah satu cara yang mampu mengatasi ini adalah berkumur dengan air garam, dengan demikian, dokter akan mampu mengobati gigi kamu yang sedang sakit.

Bukan cuma itu, bahkan tanpa perlu pergi ke dokterpun kamu sudah bisa menghilangkan rasa nyeri di gigi dengan hanya berkumur air garam saja, pecayalah banyak orang yang menganggap air garam mampu mengatasi masalah yang di rasakan pada gigi.

Cukup setengah sendok makan yang di campur dengan air 240 mili, lalu kumur-kumur di mulut, setelah itu tunggu hasilnya, apakah nanti hasil yang memuaskan? tentunya ini akan menjadi obat paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

3. Cuka

Siapa bilang cuka tidak bisa mengobati sakit gigi? Nyatanya banyak orang yang percaya bahwa cuka merupakan obat sakit gigi alternatif yang sering kali digunakan untuk mengatasi masalah gigi yang sedang sakit.

Baik itu cuka apel maupun cuka dapur, keduanya bisa digunakan sebagai obat yang sedang kita bahas ini, kedua cuka tersebut mengandung antimikrobial dan antibakteri, sehingga cuka bisa mengatasi permasalahan gigi yang sakit.

Namun, ketika kamu ingin mengobati sakit gigi dengan cuka, silahkan ambil cuka baik cuka apel maupun cuka dapur, lalu kumur-kumur dimulut. Jika gigi kamu berlubang, silahkan larutkan selama 30 detik di bagian gigi yang berlubang ataupun bagian gigi yang mengalami sakit akibat penyakit gigi.

Cara alternaitf apabila kamu tidak tahan dengan asam cuka, kamu bisa melakukannya dengan cara meneteskan cuka pada kapas dan tempelkan pada gigi yang mengalami sakit, insa Allah ini mampu mengatasi sakit yang sangat nyeri.

4. Daun jambu

Kemudian kamu juga bisa lho menggunakan daun jambu sebagai bahan untuk mengobati sakit gigi, tentunya ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli obat, ya dengan daun jambu saja obat sakit gigi alami sudah kamu dapatkan.

Daun jambu merah dapat meringankan rasa ngilu pada gigi karena daun jambu memiliki sifat anti radang, antimikrobial dan analgesik. Untuk menggunakannya cukup mudah, siapkan dua lembar daun jambu merah lalu kunyah hingga ekstrak daun jambu nya kelaur.

Itulah obat alami untuk mengatasi sakit gigi yang sangat menyaktikan, betapa sakitnya lebih dari sakit karena cinta, sakit gigi membuat orang lemah, rasa sakitnya yang berdenyut-denyut membuat orang yang mengalami ini susah melakukan aktivitas sehingga lekas di obati dengan bahan yang sudah saya babarkan di atas.

Kesimpulan

Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami sakit gigi dan ingin segera mengobatinya silahkan obati dengan cara yang sudah saya sebutkan, sakit gigi sebenarnya banyak sekali obatnya, namun saya hanya memberikannya kepada kalian ke 4 yang sudah di tuliskan diatas.

Umumnya, sakit gigi terdapat beberapa jenis, namun yang lebih menyakitkan adalah gigi berlubang, ketika kita makan pun makanan akan nyempil pada lubang gigi sehingga hal itu akan membuat sakitnya menambah parah, untuk itu diharapkan segera mengobati sebelum tambah parah.

Akhir kata

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Dan Terbukti Ampuh semoga saja bermanfaat hingga sakit gigi yang kamu alami mampu teratasi dengan cara yang sudah saya berikan didalam postingan saya ini.
Loading...