Manfaat Sayur Kol Untuk Penangkal Kanker, Hidup Sehat Yuk - Blog Nurdin Sikalem
Manfaat sayur kol

Selamat pagi sobat, senang sekali hari ini, smeoga hari ini cerah ya, secerah hatimu. Mungkin kamu butuh metode kesehatan, karena kamu tahu, sehat itu sangat penting, kamu olahraga, ya, itu adalah hal terbaik selama kamu masih mampu, lihat mereka, banyak yang tidak mampu berolahraga. Jadi, mumpung kamu masih bisa melakukannya, kenapa tidak?.

Mumpung hari ini masih sangat pagi, yuk berolahraga, enggak perlu yang berat-berat lho sob, cukup mengililingin komplek aja udah, itu udah sangat bagus, bahkan melakukan push-up doang, itu juga termasuk salah satu metode olahraga yang baik.

Nah, karena kita sedang ngomongin olahraga, jadi tentu saja itu melakukan teknik kesehatan,maka dari itu, bahwa kesehatan sangat penting, apa saja pastinya di lakukan demi hidup sehat. Agar tubuh tetap sehat, menghindari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, enggak perlu biaya yang mahal, cukup dengan sayuran saja, itu benar-benar bisa menangkal kanker.

Kesehatan meski di jaga, sehat adalah imipian, orang-orang rela mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan kesehatan, kalau mereka mengeluarkan biaya yang mahal, lantas, kenapa kita tidak dengan yang mudah-mudah saja. Bayak lho cara yang bisa kita lakukan agar badan tetap sehat, tentu biayanya enggak bakal bikin kepala mumet.

Artikel ini khsusus buat kamu, ketika saya bangun, sekira tadi pukul 05:00, saya langsung mendaptkan update berita, katanya "Sayur kol bisa di jadikan penangkal kanker". Nah, cuma sayur kol doang, kanker sudah bisa kita coba di tangkal.

Kenapa kol bisa menangkal kanker? Percayalah, segala hal di dunia ini memiliki manfaat, mungkin saja, kamu berfikir, kol hanya sebuah sayuran, namun mesti diketahui, sayuran itu mengandung banyak sekali zat-zat penting untuk tubuh, seperti yang bisa membuat kanker tertangkal.

Baca juga : Belajar Dari Buah Kedondong & Sawo

Kandungan di dalam sayur kol


Kandungan kubis/kol

Manfaat sayur kol itu sangat luar biasa, dikarenakan, di dalam sayur kol terdapat kandungan yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Apa sih sebutan kamu dengan kol? Apa kubis atau kol aja? Apapun itu, itulah pokoknya ya.

Di dalam sayuran ini terdapat kandungan Vitamin A, B, C dan Vitamin K, serta kandungan Kalsium dan serat. Kandungan terbesar di dalam kol ini adalah kandungan Vitamin C, tahu kan, vitamin C sangat di butuhkan oleh tubuh? Ya, itu benar.

Ketika saya menulusuri manfaat sayur kol, karena saya mendapatkan informasi bahwa kol dapat menangkal penyakit kanker. Berdasarkan penelusuran saya, setiap 100 gram sayur kol, bisa memenuhi 60 persen asupan tubuh vitamin C, serta 70-80 persen vitamin K, wah, ini luar biasa sekali kan?.

Cuma, yang saya herankan, meskipun kandungan di dalam sayur kol luar biasa, namun, jarang sekali mayoritas ibu menggunakan sayur kol untuk bahan sayuran, padahal, jika ini menjadi salah satu sayuran yang biasa di sajikan sehari-hari, bisa membuat tubuh semakin sehat berkat kandungannya.

Ternyata hal itupun ada masalahnya juga, katanya, kol dapat membuat perut kembung, karena adanya zat rafinosa, tapi, sebenarnya tidak akan terjadi, jika sayur kol di olah dengan baik dan di konsumsi secukupnya saja tidak lebih.

Manfaat sayur kol


Sayur kol dan manfaatnya

Salah satu manfaat menakjubkan sayur kol adalah bisa menangkal penyakit kanker, kandungan di dalam kol begitu luar biasa, maka dari itulah, sayur kol ini seharusnya menjadi menu utama hidangan makan, tidak akan terjadi hal buruk, jika di olah dengan baik dan di konsumsi secara tertaur, tidak berlebihan, tahu kan, yang berlebihan itu tidak baik.

Dan, berikut ini manfaat sayur kol untuk kesehatan, salah satunya seperti apa yang kita bahas, yaitu bisa menangkal penyakit kanker.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kutus-kutus

1. Sebagai penangkal kanker

Kol atau kubis adalah sayuran antioksidan, kol dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan di bagian sistem internal tubuh. Di dalamnya juga terdapat Zat yang diyakini dapat menangkal kanker, seperti zat suforaphane, lupeol & sinigrin.

2. Sebagai kesehatan otak

Sesuai dengan apa yang saya katakan, bahwa, di dalam sayuran kol terdapat kandgunan vitamin K, kandungan tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Yaitu, dapat mencegah dan melindungi kerusakan saraf serta meningkatkan kesehatan otak. Vitamin K ini pun dapat mencegah penyakit otak, seperti dimensia.

3. Zat anti radang

Manfaat sayur kol juga ternyata dapat mencegah peradangan. Didalamnya ada zat glutamine, yaitu sebuah asam amino yang memiliki peran penting dalam menajga kesehatan otot dan paru-paru. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat Glutamine bisa menurunkan efek alergi, skait otot, nyeri sendi, demam, serta masalah kulit, lantaran Glutame adalah zat anti peradangan.

4. Tekanan darah

Didalam kubi/kol juga terdapat kandungan potasium yang dapat melonggarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah. Tentu juga, hal itu akan menurunkan stroke dan serangan jantung. Nah kan, begitu luar biasanya manfaat sayuran kol ini, sayang kalau tidak di sajikan sebagai hidangan utama.

5. Kesehatan tulang

Ketika kamu ingin membuat tulang agar lebih sehat, namun tidak mengkonsumsi sayuran kol, ini sungguh disayangkan. Didalam sayuran kol terdapat mineral yang penting dalam untuk kesehatan tulang. Kol dapat melindungi tulang dan mencegah osteoporotis.

6. Kesehatan mata

Oke, kol juga bisa di jadikan sebagai salah satu untuk membuat mata sehat, makanya, jangan sepelekan lho sayuran ini, ternyata mengandung banyak sekali manfaatnya. Kol mengandung banyak sekali beta karoten, yaitu dapat mencegah katarak mata serta menjaga kesehatannya.

Nah, itulah manfaat sayuran kol, apakah masih ingin menyepelekan kol? Terutama untuk ibu disana yang biasa menyiapkan hidangan makan untuk keluarga. Jadi, saya rasa, sekarang kita sudah tahu manfaatnya, diharapkan untuk tidak melupakan sayuran kol ini, karena manfaat dan kandungannya sangat luar biasa.

Oya, bagi kamu, yang hendak diet atau sedang diet, kol juga sangat cocok untuk dijadikan hal itu lho sob. Ya, ini karena banyak serat di dalam kol, selain itu juga, kol rendah kalori yang dapat menurunkan berat badan. Jadi, buat kamu yang sedang diet dengan metode ini, kol adalah kuncinya.

Tips mengolah sayur kol


Tips mengolah sayur kol

Untuk sedikit masukan agar kamu doyan makan sayur kol, mungkin cara singkat saya ini bisa membantu. Berikut ini cara mengolah sayur kol untuk hidangan makan kamu ya sob. Yuk coba gunakan tips saya ini.

  1. Tongseng/tumis, kamu bisa mencobanya dengan cara tongseng atupun di tumis sayur kol
  2. Sayur kubis telur ayam, kamu juga bisa membuatnya menjadikan hidangan telur ayam
  3. Jadikan sayur pembantu, maksudnya? Bisa di jadikan untuk tambahan makan mie, bakso, atau masakan lainnya

Kesimpulan


Baiklah, diatas sudah saya jelaskan sederet manfaat sayur kol, yang ternyata sangat luar biasa, namun sayang, karena dianggap dapat membuat perut kembung, sayur kol sering dilupakan, padahal sayur ini diasjikan sebagai lauk sarapan pagi, makan siang maupun malam sangat enak, saya sendiri penggemarnya.

Buat yang ingin hidup sehat, yuk konsumsi sayuran, tapi ingat, jangan berlebhian, sayur kol juga tidak akan membuat perut kembung kok, kalau kamu mengkonsumsinya dengan cukup, ya jadi jangan salah ya sob.

Itulah catatan saya pagi ini mengenai Manfaat Sayur Kol, semoga membantu dan kamu terbantu, smeoga juga jika sudah membaca tulisan saya ini, semoga kamu sekarang menjadikan kol sebagai salah satu lauk utama makan kamu ya sob.

Artikel parenting buat kamu :

Manfaat Sayur Kol Untuk Penangkal Kanker, Hidup Sehat Yuk

Blog Nurdin Sikalem
Manfaat sayur kol

Selamat pagi sobat, senang sekali hari ini, smeoga hari ini cerah ya, secerah hatimu. Mungkin kamu butuh metode kesehatan, karena kamu tahu, sehat itu sangat penting, kamu olahraga, ya, itu adalah hal terbaik selama kamu masih mampu, lihat mereka, banyak yang tidak mampu berolahraga. Jadi, mumpung kamu masih bisa melakukannya, kenapa tidak?.

Mumpung hari ini masih sangat pagi, yuk berolahraga, enggak perlu yang berat-berat lho sob, cukup mengililingin komplek aja udah, itu udah sangat bagus, bahkan melakukan push-up doang, itu juga termasuk salah satu metode olahraga yang baik.

Nah, karena kita sedang ngomongin olahraga, jadi tentu saja itu melakukan teknik kesehatan,maka dari itu, bahwa kesehatan sangat penting, apa saja pastinya di lakukan demi hidup sehat. Agar tubuh tetap sehat, menghindari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, enggak perlu biaya yang mahal, cukup dengan sayuran saja, itu benar-benar bisa menangkal kanker.

Kesehatan meski di jaga, sehat adalah imipian, orang-orang rela mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan kesehatan, kalau mereka mengeluarkan biaya yang mahal, lantas, kenapa kita tidak dengan yang mudah-mudah saja. Bayak lho cara yang bisa kita lakukan agar badan tetap sehat, tentu biayanya enggak bakal bikin kepala mumet.

Artikel ini khsusus buat kamu, ketika saya bangun, sekira tadi pukul 05:00, saya langsung mendaptkan update berita, katanya "Sayur kol bisa di jadikan penangkal kanker". Nah, cuma sayur kol doang, kanker sudah bisa kita coba di tangkal.

Kenapa kol bisa menangkal kanker? Percayalah, segala hal di dunia ini memiliki manfaat, mungkin saja, kamu berfikir, kol hanya sebuah sayuran, namun mesti diketahui, sayuran itu mengandung banyak sekali zat-zat penting untuk tubuh, seperti yang bisa membuat kanker tertangkal.

Baca juga : Belajar Dari Buah Kedondong & Sawo

Kandungan di dalam sayur kol


Kandungan kubis/kol

Manfaat sayur kol itu sangat luar biasa, dikarenakan, di dalam sayur kol terdapat kandungan yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Apa sih sebutan kamu dengan kol? Apa kubis atau kol aja? Apapun itu, itulah pokoknya ya.

Di dalam sayuran ini terdapat kandungan Vitamin A, B, C dan Vitamin K, serta kandungan Kalsium dan serat. Kandungan terbesar di dalam kol ini adalah kandungan Vitamin C, tahu kan, vitamin C sangat di butuhkan oleh tubuh? Ya, itu benar.

Ketika saya menulusuri manfaat sayur kol, karena saya mendapatkan informasi bahwa kol dapat menangkal penyakit kanker. Berdasarkan penelusuran saya, setiap 100 gram sayur kol, bisa memenuhi 60 persen asupan tubuh vitamin C, serta 70-80 persen vitamin K, wah, ini luar biasa sekali kan?.

Cuma, yang saya herankan, meskipun kandungan di dalam sayur kol luar biasa, namun, jarang sekali mayoritas ibu menggunakan sayur kol untuk bahan sayuran, padahal, jika ini menjadi salah satu sayuran yang biasa di sajikan sehari-hari, bisa membuat tubuh semakin sehat berkat kandungannya.

Ternyata hal itupun ada masalahnya juga, katanya, kol dapat membuat perut kembung, karena adanya zat rafinosa, tapi, sebenarnya tidak akan terjadi, jika sayur kol di olah dengan baik dan di konsumsi secukupnya saja tidak lebih.

Manfaat sayur kol


Sayur kol dan manfaatnya

Salah satu manfaat menakjubkan sayur kol adalah bisa menangkal penyakit kanker, kandungan di dalam kol begitu luar biasa, maka dari itulah, sayur kol ini seharusnya menjadi menu utama hidangan makan, tidak akan terjadi hal buruk, jika di olah dengan baik dan di konsumsi secara tertaur, tidak berlebihan, tahu kan, yang berlebihan itu tidak baik.

Dan, berikut ini manfaat sayur kol untuk kesehatan, salah satunya seperti apa yang kita bahas, yaitu bisa menangkal penyakit kanker.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kutus-kutus

1. Sebagai penangkal kanker

Kol atau kubis adalah sayuran antioksidan, kol dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan di bagian sistem internal tubuh. Di dalamnya juga terdapat Zat yang diyakini dapat menangkal kanker, seperti zat suforaphane, lupeol & sinigrin.

2. Sebagai kesehatan otak

Sesuai dengan apa yang saya katakan, bahwa, di dalam sayuran kol terdapat kandgunan vitamin K, kandungan tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Yaitu, dapat mencegah dan melindungi kerusakan saraf serta meningkatkan kesehatan otak. Vitamin K ini pun dapat mencegah penyakit otak, seperti dimensia.

3. Zat anti radang

Manfaat sayur kol juga ternyata dapat mencegah peradangan. Didalamnya ada zat glutamine, yaitu sebuah asam amino yang memiliki peran penting dalam menajga kesehatan otot dan paru-paru. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat Glutamine bisa menurunkan efek alergi, skait otot, nyeri sendi, demam, serta masalah kulit, lantaran Glutame adalah zat anti peradangan.

4. Tekanan darah

Didalam kubi/kol juga terdapat kandungan potasium yang dapat melonggarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah. Tentu juga, hal itu akan menurunkan stroke dan serangan jantung. Nah kan, begitu luar biasanya manfaat sayuran kol ini, sayang kalau tidak di sajikan sebagai hidangan utama.

5. Kesehatan tulang

Ketika kamu ingin membuat tulang agar lebih sehat, namun tidak mengkonsumsi sayuran kol, ini sungguh disayangkan. Didalam sayuran kol terdapat mineral yang penting dalam untuk kesehatan tulang. Kol dapat melindungi tulang dan mencegah osteoporotis.

6. Kesehatan mata

Oke, kol juga bisa di jadikan sebagai salah satu untuk membuat mata sehat, makanya, jangan sepelekan lho sayuran ini, ternyata mengandung banyak sekali manfaatnya. Kol mengandung banyak sekali beta karoten, yaitu dapat mencegah katarak mata serta menjaga kesehatannya.

Nah, itulah manfaat sayuran kol, apakah masih ingin menyepelekan kol? Terutama untuk ibu disana yang biasa menyiapkan hidangan makan untuk keluarga. Jadi, saya rasa, sekarang kita sudah tahu manfaatnya, diharapkan untuk tidak melupakan sayuran kol ini, karena manfaat dan kandungannya sangat luar biasa.

Oya, bagi kamu, yang hendak diet atau sedang diet, kol juga sangat cocok untuk dijadikan hal itu lho sob. Ya, ini karena banyak serat di dalam kol, selain itu juga, kol rendah kalori yang dapat menurunkan berat badan. Jadi, buat kamu yang sedang diet dengan metode ini, kol adalah kuncinya.

Tips mengolah sayur kol


Tips mengolah sayur kol

Untuk sedikit masukan agar kamu doyan makan sayur kol, mungkin cara singkat saya ini bisa membantu. Berikut ini cara mengolah sayur kol untuk hidangan makan kamu ya sob. Yuk coba gunakan tips saya ini.

  1. Tongseng/tumis, kamu bisa mencobanya dengan cara tongseng atupun di tumis sayur kol
  2. Sayur kubis telur ayam, kamu juga bisa membuatnya menjadikan hidangan telur ayam
  3. Jadikan sayur pembantu, maksudnya? Bisa di jadikan untuk tambahan makan mie, bakso, atau masakan lainnya

Kesimpulan


Baiklah, diatas sudah saya jelaskan sederet manfaat sayur kol, yang ternyata sangat luar biasa, namun sayang, karena dianggap dapat membuat perut kembung, sayur kol sering dilupakan, padahal sayur ini diasjikan sebagai lauk sarapan pagi, makan siang maupun malam sangat enak, saya sendiri penggemarnya.

Buat yang ingin hidup sehat, yuk konsumsi sayuran, tapi ingat, jangan berlebhian, sayur kol juga tidak akan membuat perut kembung kok, kalau kamu mengkonsumsinya dengan cukup, ya jadi jangan salah ya sob.

Itulah catatan saya pagi ini mengenai Manfaat Sayur Kol, semoga membantu dan kamu terbantu, smeoga juga jika sudah membaca tulisan saya ini, semoga kamu sekarang menjadikan kol sebagai salah satu lauk utama makan kamu ya sob.

Artikel parenting buat kamu :

Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah