Cara Mengatasi Uban : Mudahnya Menghilangkan Uban Secara Alami - Blog Nurdin Sikalem
Uban di usia muda

Siapa sangka uban hanya menyerang orang yang sudah berusia manula? Anak muda juga rentan terserang uban lho sob, nyatanya banyak yang mengalami hal ini. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan uban?.

Tentu saja banyak sekali caranya, salah satu cara yang paling mudah dan instan adalah dengan mewarnai rambut. Tapi, mewarnai rambut kan di larang? Katanya sih enggak kalau warnanya bukan warna hitam.

Kali ini saya akan share cara menghilangkan uban alami buat kamu yang masih muda namun sudah mengalami uban, bagaimana caranya? Berikut ini telah saya rangkum dalam tulisan sederhana yang satu ini.


Penyebab rambut beruban


Timbulnya uban di usia muda

Mungkin kamu masih merasa heran, apa sih penyebab rambut beruban? Padahal umur masih 20 tahunan, tapi rambut sudah pada memutih, tentu saja ini sangat menganggu penampilan, pakai topi? Ah, ribet soalnya.

Oke deh, sebelum saya mengulas cara mengatasinya, terlebih dahulu akan saya ulas apa sebenarnya yang menyebabkan rambut beruban.

1. Hormon tidak seimbang


Hal yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda adalah hormon yang tidak seimbang. Hal ini pun di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya hamil dan gangguan tiroid. Demikian dengan timbulnya uban, hormon yang tidak seimbang mengnaggu produksi melanin dan uban pun timbul.

2. Merokok


Siapa sangka rokok hanya menyerang penyakit serangan jantung, kanker atau penyakit yang umum di beritakan? Ternyata, rokok juga bisa menyebabkan timbulnya uban lho sob. Radikan racun dari rokok yang masuk dalam tubuh mengakibatkan gangguan produksi melanin, sehingga menyebabkan uban.

3. Menopause dini


Khusus untuk wanita, dimana menopause merupakan gejala berhentinya menstruasi. Ketika hal ini terjadi pada usia dini, membuat hormon tidak seimbang, kembali lagi pada poin nomor 1, hal ini menyebabkan uban tumbuh.

4. Faktor genetik


Selain poin-poin yang sudah saya sebutkan, faktor genetik adalah hal yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda. Cara terbaik untuk hal ini yaitu menanyakan riwayat keluarga atas hal yang kamu alami ini.

5. Psikologis


Stress, khawatir, resa, pikiran yang kacau ini umum sekali membuat rambut beruban. Hal-hal yang terbentuk dalam psikologis menyebabkan kurangnya jumlah sel-sel melanin, dari situlah uban akan timbul pada rambut indah kamu.

6. Asam folat berkurang


Kemudian saat rambut memutih, bisa juga disebabkan oleh berkurangnya asam folat. Jika asam folat tidak mencukupi, hal ini dapat membuat pertumbuhan rambut terhambat, sekaligus uban rentan terjadi saat rambut tidak tumbuh sempurna.

Itulah hal-hal yang menjadi peyebab timbulnya uban pada rambut di usia muda, dengan demikian, jika kamu salah satu yang mengalaminya, kamu bisa melakukan cara saya untuk menghilangkan uban, berikut caranya.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat

Cara menghilangkan uban


Mengatasi uban

Salah satu yang menjadi korban rambut beruban adalah saya sendiri, terhitung sudah sejak kelas 5 SD saya mengalami uban, ada yang mengatakan kalau ini dikarenakan faktor genetik, ada pula yang mengatakan dari pikiran, tapi entah darimana saya tidak tahu.

Apabila kamu sama seperti saya, kamu dapat mengikuti cara ini agar putihnya rambut tidak timbul di kepala kamu, dengan begitu, rasa percaya diri pun jauh lebih sempurna. Jujur aja, rambut memutih itu sangat memalukan, dikira sudah tua, padahal umur baru 20-an.

Daftar bahan-bahan alami untuk menghilangkan uban


Bahan alami untuk menghilangkan uban

Sudah kita bahas faktor yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda, beriku ini cara menghilangkan uban dengan bahan-bahan alami yang sudah saya rangkum.

1. Daun jambu biji


Jika kamu ingin menghilangkan uban dengan bahan yang sangat mudah di dapatkan, kamu dapat menggunakan daun jambu biji, daun ini benar-benar ampuh dalam pengobatan uban, bukan cuma uban saja, daun jambu di percaya sebagai obat pencernaan.

Daun jambu mengandung Vitamin C serta antioksidan yang sangat tinggi, kandungan itu mampu mempertahankan pigmentasi rambut dan membuat rambut menjadi leih kuat.

Cara menghilangkan uban dengan daun jambu biji yaitu menumbuk helai daun secukupnya, tumbuk hingga menjadi halus, lalu campurkan dengan air yang bersih. Balurkan pada bagian kulit kepala dan rambut secara merata dengan memijatnya dengan halus.

Setelah selesai, tunggu dan diamkan hingga 30 menit, kamu boleh melakukan apapun sambil menunggunya, cucilah dengan air bersih jika sudah. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

2. Kulit kentang


Saripati di dalam kulit kentang mampu menghasilkan pewarna rambut yang alami, dengan begitu, kulit kentang ini bisa di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi uban yang menyerang kamu di suia muda.

Cara menghilangkan uban dengan kulit kentang sangat mudah, kamu tinggal menyiapkan segelas kulit kentang yang bersih dan siapkan dua gelas air. Setelah itu, rebuslah kentang tadi dengan air yang sudah di sediakan kurang lebih 25 menit.


Jika selesai, saringlah kentang, ambil saja airnya dan diamkan agar mendingin. Bersihkan rambut, aplikasikan air yang sudah di dinginkan tadi pada rambut, layaknya saat kamu mewarnai rambut dengan pewarna dari minimarket atau roko kosmetik.

Lakukan cara ini dengan rutin, minimal 2 minggu sekali agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan uban pun tampak menghilang, rasa percaya diripun tumbuh kembali.

3. Minyak kemiri


Sudah tak asing lagi dengan manfaat minyak kemiri, kepopuleran minyak kemiri yaitu telah di percaya ampuh menghasilkan rambut tebal dan hitam menggoda, jangan heran kalau orang-orang sering memburu minyak kemiri untuk perawatan rambut.

Kandungan asam lemak dan vitaminnya, minyak kemiri sering di gunakan sebagai bahan shampoo atau kondisioner. Namun, ada manfaat yang luar biasa dari minayak kemiri, yaitu mampu membuat uban hilang dengan seketika.

Silahkan beli atau buat sendiri minyak kemirinya, jadikan masker rambut ketika kamu hendak tidur, diamkan dan tidurlah dengan nyenyak, mimpilah yang indah, ketika pagi hari yang cerah tiba, bersihkan dengan air, atau sambil mandi saja ya.

4. Lemon & minyak kelapa


Kedua bahan ini mampui di aplikasikan untuk menghilangkan uban, jika kamu ingin menggunakan keduanya, tentu saja caranya tidak rumit, ya walaupun bahannya ada dua, tapi mudah kog di gunakanna.

Minyak kelapa mengandung Vitamin E dan K serta Zat besi, sedangkan lemon mengandung Vitamin C. Ketika keduanya di campurkan, kandungannya menjadi bertambah, tentu saja sangat bagus unutk kesehatan rambut.

Apabila kamu ingin menggunakan kedua bahan yang dicampurkan ini sebagai metode untuk menghilangkan rambut, cukup mencampurkan air perasan satu buah lemon dengan 5 sendok minyak kelapa, aduklah hingga merata dan oleskan pada rambut dengan rata.

Biarkan hingga 30 menit untuk membuat minyak kelapa meresap ke rambut, jika waktu sudah menunjukkan 30 menit, silahkan bilas dengan air bersih.

5. Bawang bombay


Bawang bombay pun mampu mengatasi uban yang nampak putih di kepala, bukan cuma ke 4 bahan yang sudah saya sebutkan, bawang bombay pun tak kalah ampuhnya dengan ke 4 bahan-bahan di atas agar rambut tampak menghitam.

Bawang bombay mengandung Enzim Etalase yang tinggi, kandungan ini mampu menghilangkan hidrogen proksidan, dimana hidrogen ini adalah satu penyebab yang menimbulkan uban di kepala.

Selain menghilangkan uban, bawang bombay pun mampu mengatasi rambut rontok berkat kandungan vitaminnya yang ada di bawang bombay, luar biasa bukan bawang yang satu ini? Yang pastinya banyak sekali manfaatnya.

Cara menghilangkan uban menggunakan bawang bombay tidak berbeda dengan cara-cara di atas, cukup memarut bawang bombay dan menyarinnya. Balurkan jus yang sudah di saring tadi ke seluruh rambut, bungkus kepala menggunakan handuk, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Itulah bahan-bahan dan cara yang bisa kamu gunakan agar uban yang memutih di rambut nampak hilang seketika.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara menghambat pertumbuhan uban


Menghambat pertumbuhan uban

Jika di atas kamu dapat melakukannya agar uban menghilang, untuk mengatasi pertumbuhan uban yang memutih pula kamu dapat melakukannya dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat.

Seperti yang saya tulsikan bahwa, penyebab timbulnya uban di usia muda adalah kekurangan asam folat di tubuh yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut sehingga membuat uban mudah timbul di kepala.

Maka dari itu, agar uban tidak timbul, usahakan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Asam Folat dan Vitamin B12, berikut beberapa makanan yang memiliki kandungan itu.

  • Brokoli
  • Bayam
  • Kubis
  • Alpukat
  • Buah Bit
  • Pepaya
  • Pisang
  • Daging hewan
  • kerang
  • Ikan
  • Sereal

Mudah-mudahan saja dengan melakukan hal-hal di atas, uban tidak lagi timbul di kepala kamu, maka dari itu jangan bosan untuk mencari tahu hal-hal yang penting bagi kehidupan kamu.

Kesimpulan


Uban memang bukan penyakit yang mematikan, namun orang-orang menganggap baha uban itu snagat gatal, tapi apakah benar? Uban merupakan rambut yang memutih biasanya meyerang usia 40-an ketas, namun uban juga rentan menyerang usia muda.

Agar hal itu teratasi, silahkan di coba hal-hal yang sudah saya berikan di atas untuk menghilangkan uban yang menganggu, sesungguhnya uban itu membuat percaya diri berkurang, kalau sudah tua sih gak papa, tapi kan ini masih muda.

Nah, itulah tulisan saya kali ini mengenai Mudahnya menghilangkan uban secara alami, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke temen kamu, siapa tahu mereka pun butuh caranya untuk menghilangkan uban.

Artikel menarik lainnya
Refrensi idtimes.com & doktersehat.com

Cara Mengatasi Uban : Mudahnya Menghilangkan Uban Secara Alami

Blog Nurdin Sikalem
Uban di usia muda

Siapa sangka uban hanya menyerang orang yang sudah berusia manula? Anak muda juga rentan terserang uban lho sob, nyatanya banyak yang mengalami hal ini. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan uban?.

Tentu saja banyak sekali caranya, salah satu cara yang paling mudah dan instan adalah dengan mewarnai rambut. Tapi, mewarnai rambut kan di larang? Katanya sih enggak kalau warnanya bukan warna hitam.

Kali ini saya akan share cara menghilangkan uban alami buat kamu yang masih muda namun sudah mengalami uban, bagaimana caranya? Berikut ini telah saya rangkum dalam tulisan sederhana yang satu ini.


Penyebab rambut beruban


Timbulnya uban di usia muda

Mungkin kamu masih merasa heran, apa sih penyebab rambut beruban? Padahal umur masih 20 tahunan, tapi rambut sudah pada memutih, tentu saja ini sangat menganggu penampilan, pakai topi? Ah, ribet soalnya.

Oke deh, sebelum saya mengulas cara mengatasinya, terlebih dahulu akan saya ulas apa sebenarnya yang menyebabkan rambut beruban.

1. Hormon tidak seimbang


Hal yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda adalah hormon yang tidak seimbang. Hal ini pun di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya hamil dan gangguan tiroid. Demikian dengan timbulnya uban, hormon yang tidak seimbang mengnaggu produksi melanin dan uban pun timbul.

2. Merokok


Siapa sangka rokok hanya menyerang penyakit serangan jantung, kanker atau penyakit yang umum di beritakan? Ternyata, rokok juga bisa menyebabkan timbulnya uban lho sob. Radikan racun dari rokok yang masuk dalam tubuh mengakibatkan gangguan produksi melanin, sehingga menyebabkan uban.

3. Menopause dini


Khusus untuk wanita, dimana menopause merupakan gejala berhentinya menstruasi. Ketika hal ini terjadi pada usia dini, membuat hormon tidak seimbang, kembali lagi pada poin nomor 1, hal ini menyebabkan uban tumbuh.

4. Faktor genetik


Selain poin-poin yang sudah saya sebutkan, faktor genetik adalah hal yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda. Cara terbaik untuk hal ini yaitu menanyakan riwayat keluarga atas hal yang kamu alami ini.

5. Psikologis


Stress, khawatir, resa, pikiran yang kacau ini umum sekali membuat rambut beruban. Hal-hal yang terbentuk dalam psikologis menyebabkan kurangnya jumlah sel-sel melanin, dari situlah uban akan timbul pada rambut indah kamu.

6. Asam folat berkurang


Kemudian saat rambut memutih, bisa juga disebabkan oleh berkurangnya asam folat. Jika asam folat tidak mencukupi, hal ini dapat membuat pertumbuhan rambut terhambat, sekaligus uban rentan terjadi saat rambut tidak tumbuh sempurna.

Itulah hal-hal yang menjadi peyebab timbulnya uban pada rambut di usia muda, dengan demikian, jika kamu salah satu yang mengalaminya, kamu bisa melakukan cara saya untuk menghilangkan uban, berikut caranya.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat

Cara menghilangkan uban


Mengatasi uban

Salah satu yang menjadi korban rambut beruban adalah saya sendiri, terhitung sudah sejak kelas 5 SD saya mengalami uban, ada yang mengatakan kalau ini dikarenakan faktor genetik, ada pula yang mengatakan dari pikiran, tapi entah darimana saya tidak tahu.

Apabila kamu sama seperti saya, kamu dapat mengikuti cara ini agar putihnya rambut tidak timbul di kepala kamu, dengan begitu, rasa percaya diri pun jauh lebih sempurna. Jujur aja, rambut memutih itu sangat memalukan, dikira sudah tua, padahal umur baru 20-an.

Daftar bahan-bahan alami untuk menghilangkan uban


Bahan alami untuk menghilangkan uban

Sudah kita bahas faktor yang menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda, beriku ini cara menghilangkan uban dengan bahan-bahan alami yang sudah saya rangkum.

1. Daun jambu biji


Jika kamu ingin menghilangkan uban dengan bahan yang sangat mudah di dapatkan, kamu dapat menggunakan daun jambu biji, daun ini benar-benar ampuh dalam pengobatan uban, bukan cuma uban saja, daun jambu di percaya sebagai obat pencernaan.

Daun jambu mengandung Vitamin C serta antioksidan yang sangat tinggi, kandungan itu mampu mempertahankan pigmentasi rambut dan membuat rambut menjadi leih kuat.

Cara menghilangkan uban dengan daun jambu biji yaitu menumbuk helai daun secukupnya, tumbuk hingga menjadi halus, lalu campurkan dengan air yang bersih. Balurkan pada bagian kulit kepala dan rambut secara merata dengan memijatnya dengan halus.

Setelah selesai, tunggu dan diamkan hingga 30 menit, kamu boleh melakukan apapun sambil menunggunya, cucilah dengan air bersih jika sudah. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

2. Kulit kentang


Saripati di dalam kulit kentang mampu menghasilkan pewarna rambut yang alami, dengan begitu, kulit kentang ini bisa di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi uban yang menyerang kamu di suia muda.

Cara menghilangkan uban dengan kulit kentang sangat mudah, kamu tinggal menyiapkan segelas kulit kentang yang bersih dan siapkan dua gelas air. Setelah itu, rebuslah kentang tadi dengan air yang sudah di sediakan kurang lebih 25 menit.


Jika selesai, saringlah kentang, ambil saja airnya dan diamkan agar mendingin. Bersihkan rambut, aplikasikan air yang sudah di dinginkan tadi pada rambut, layaknya saat kamu mewarnai rambut dengan pewarna dari minimarket atau roko kosmetik.

Lakukan cara ini dengan rutin, minimal 2 minggu sekali agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan uban pun tampak menghilang, rasa percaya diripun tumbuh kembali.

3. Minyak kemiri


Sudah tak asing lagi dengan manfaat minyak kemiri, kepopuleran minyak kemiri yaitu telah di percaya ampuh menghasilkan rambut tebal dan hitam menggoda, jangan heran kalau orang-orang sering memburu minyak kemiri untuk perawatan rambut.

Kandungan asam lemak dan vitaminnya, minyak kemiri sering di gunakan sebagai bahan shampoo atau kondisioner. Namun, ada manfaat yang luar biasa dari minayak kemiri, yaitu mampu membuat uban hilang dengan seketika.

Silahkan beli atau buat sendiri minyak kemirinya, jadikan masker rambut ketika kamu hendak tidur, diamkan dan tidurlah dengan nyenyak, mimpilah yang indah, ketika pagi hari yang cerah tiba, bersihkan dengan air, atau sambil mandi saja ya.

4. Lemon & minyak kelapa


Kedua bahan ini mampui di aplikasikan untuk menghilangkan uban, jika kamu ingin menggunakan keduanya, tentu saja caranya tidak rumit, ya walaupun bahannya ada dua, tapi mudah kog di gunakanna.

Minyak kelapa mengandung Vitamin E dan K serta Zat besi, sedangkan lemon mengandung Vitamin C. Ketika keduanya di campurkan, kandungannya menjadi bertambah, tentu saja sangat bagus unutk kesehatan rambut.

Apabila kamu ingin menggunakan kedua bahan yang dicampurkan ini sebagai metode untuk menghilangkan rambut, cukup mencampurkan air perasan satu buah lemon dengan 5 sendok minyak kelapa, aduklah hingga merata dan oleskan pada rambut dengan rata.

Biarkan hingga 30 menit untuk membuat minyak kelapa meresap ke rambut, jika waktu sudah menunjukkan 30 menit, silahkan bilas dengan air bersih.

5. Bawang bombay


Bawang bombay pun mampu mengatasi uban yang nampak putih di kepala, bukan cuma ke 4 bahan yang sudah saya sebutkan, bawang bombay pun tak kalah ampuhnya dengan ke 4 bahan-bahan di atas agar rambut tampak menghitam.

Bawang bombay mengandung Enzim Etalase yang tinggi, kandungan ini mampu menghilangkan hidrogen proksidan, dimana hidrogen ini adalah satu penyebab yang menimbulkan uban di kepala.

Selain menghilangkan uban, bawang bombay pun mampu mengatasi rambut rontok berkat kandungan vitaminnya yang ada di bawang bombay, luar biasa bukan bawang yang satu ini? Yang pastinya banyak sekali manfaatnya.

Cara menghilangkan uban menggunakan bawang bombay tidak berbeda dengan cara-cara di atas, cukup memarut bawang bombay dan menyarinnya. Balurkan jus yang sudah di saring tadi ke seluruh rambut, bungkus kepala menggunakan handuk, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Itulah bahan-bahan dan cara yang bisa kamu gunakan agar uban yang memutih di rambut nampak hilang seketika.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara menghambat pertumbuhan uban


Menghambat pertumbuhan uban

Jika di atas kamu dapat melakukannya agar uban menghilang, untuk mengatasi pertumbuhan uban yang memutih pula kamu dapat melakukannya dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat.

Seperti yang saya tulsikan bahwa, penyebab timbulnya uban di usia muda adalah kekurangan asam folat di tubuh yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut sehingga membuat uban mudah timbul di kepala.

Maka dari itu, agar uban tidak timbul, usahakan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Asam Folat dan Vitamin B12, berikut beberapa makanan yang memiliki kandungan itu.

  • Brokoli
  • Bayam
  • Kubis
  • Alpukat
  • Buah Bit
  • Pepaya
  • Pisang
  • Daging hewan
  • kerang
  • Ikan
  • Sereal

Mudah-mudahan saja dengan melakukan hal-hal di atas, uban tidak lagi timbul di kepala kamu, maka dari itu jangan bosan untuk mencari tahu hal-hal yang penting bagi kehidupan kamu.

Kesimpulan


Uban memang bukan penyakit yang mematikan, namun orang-orang menganggap baha uban itu snagat gatal, tapi apakah benar? Uban merupakan rambut yang memutih biasanya meyerang usia 40-an ketas, namun uban juga rentan menyerang usia muda.

Agar hal itu teratasi, silahkan di coba hal-hal yang sudah saya berikan di atas untuk menghilangkan uban yang menganggu, sesungguhnya uban itu membuat percaya diri berkurang, kalau sudah tua sih gak papa, tapi kan ini masih muda.

Nah, itulah tulisan saya kali ini mengenai Mudahnya menghilangkan uban secara alami, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke temen kamu, siapa tahu mereka pun butuh caranya untuk menghilangkan uban.

Artikel menarik lainnya
Refrensi idtimes.com & doktersehat.com

Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah