BLANTERVIO103

Catat! Inilah Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Catat! Inilah Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Apr 4, 2019
5 manfaat tidur siang

Tidur siang, siapa sih yang enggak suka? Pas istirahat habis kerja/sekolah itu enaknya tidur siang lho sob. Dan ada yang musti kamu ketahui, manfaat tidur siang sangat banyak, seperti yang akan saya jelaskan di dalam catatan kali ini.


Daftar isi

Mungkin tak banyak orang mengetahui kalau tidur siang itu memiliki banyak manfaat, kebanyakan hanya tahu, kalau tidur siang itu enak banget, cuma, kalau pas bangun tidur siang rasanya gak enak, badan jadi lemes, entah tahu kenapa? Ini yang sering saya rasakan.

Daripada pusing mikirin itu, mending kita langsung intip, apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh kita? Dan inilah manfaat-manfaatnya yang benar-benar harus kamu ketahui.

Manfaat tidur siang


daftar beberapa manfaat tidur siang

Yang pasti, tidur siang itu bisa bikin hari-hari jauh lebih nikmat, tak jarang orang menyempatkan tidur saat setelah jam istirahat, apalagi kalau cuaca panas di siang bolong, badan gerah, dan nyari suasana yang dingin, disitulah kenikmatan nya terjamin.

Itu yang sering saya lakukan, mungkin juga sering kalian lakukan. Dan, berikut ini ulasannya mengenai manfaat tidur siang sesuai dengan apa yang ingin saya sampaikan lewat artikel seadanya ini.

Baca Juga : Manfaat Makan Pete

1. Dapat mencegah penyakit jantung


Manfaat yang tidak diduga-duga dan manfaat  yang menurut saya sungguh luar biasa adalah, ketika tidur siang kita lakukan, maka hal itu sudah mmebuat kita sendiri mencoba dalam menjaga kesehatan jantung.

So, tidur siang konon dapat mencegah resiko terserang penyakit jantung, mantul bukan? Belum tahu apa penyebabnya, namun saya hanya mendapatkan informasi demikian bahwa tidur siang dapat mencegah penyakit jantung.

2. Daya ingat yang kuat


Selain jantung yang akan di jaga, manfaat tidur siang pun bisa membuat ingatan kita tajam dan kuat, hal ini memang benar-benar terbukti, saya sendiri yang merasakan hal ini.

Mungkin kamu dari beberapa orang pun sama, daya ingat kamu kuta karena kamu sesekali menyempatkan tidur siang. Memang, tidur siang ini salah satu cara mengistirahatkan otak agar tidak kacau balau, setelah bangun, otak pun menjadi tentram kembali.

3. Menurunkan tekanan darah


Lagi-lagi, manfaat tidur siang sangat luar biasa, selain mencegah penyakit jantung, tidur siang pun dapat menurunkan tekanan darah, wih, luar biasa bukan? Makanya, jangan ragu-ragu istirahatin tubuh dan pikiran kamu dengan melakukan tidur saat jam istirahat siang.

Jadi, apakah kamu suka tidur siang? Kalau suka, berarti kamu mencoba untuk membuat tubuh kamu menjadi sehat, eits, jangan berlebihan tapi, apapun yang berlebihan itu tidak baik. So, tidurlah secukupnya.

4. Menjadi orang sabar


Selanjutnya, tidur siang dapat membuat orang menjadi lebih sabar, atau kesabaran seseorang yang melakukan tidur siang dapat meningkat, karena ketentraman hati dan pikiran setelah tidur siang, karena sudah beristirahat, jadi, pastinya kita pun akan lebih sabar.

5. Hati yang tentram


Hatimu kacau? Diputusin pacar? Udah gitu, kerjaan numpuk lagi. Hmm, mending tidur dulu, sebentar lagi waktunya jam istirahat, jangan cuma duduk atau makan minum aja, mending tidur siang selama beberapa menit.

Hati yang gelisah, kacau, pikiran yang kemana-mana, ini akan terkendalikan setelah kamu melakukan tidur, coba ya sob, siapa tahu ini benar-benar bisa membuat kamu tentram.

Baca Juga : Manfaat Jambu Air

Efek samping tidur siang


bahaya tidur siang

Tentu saja ada efek sampingnya, sudah saya jelaskan bahwa tidur lah secukupnya jangan berlebihan, dan ini akan saya terangkan pula efek samping tidur siang yang terlalu lama, jangan sampai kelewatan lho ya.

Dijelaskan dari berbagai sumber bahwa, tdiur siang yang terlalu lama akan menyebabkan masalah sindrom metabolik. Dimana,, kondisi tubuh yang berkaitan dengan tingginya tekanan darah. Jadi, meskipun di atas saya tulis dapat mengurangi darah tinggi, kalau berlebihan, malah sebaliknya.

Selain tekanan darah tinggi, sindrom metabolik ini membuat kadar gula tinggi, lemak, dan kolestrol serta jantung dan diabetes. Nah, ini menjadi pilihan, tidur siang atau tidak? Takutnya terlalu lama, bukannya mendapatkan banyak manfaat malah sebaliknya, menyebabkan resiko tubuh.

Itulah efek samping atau bahaya tidur siang, jadi kendalikanlah diri kamu ya sob, jangan sampai trnodai tubuhmu, wkwk.

Kesimpulan dan akhir kata


Bagimana? Jika biasanya tidur kamu ingin mencoba tidur siang? Atau yang suka tidur, apakah ingin dikurangi, mengingat resikonya yang sangat sungguh luar biasa ngerinya. Initnya, tidur siang saja secukupnya, jangan sampai berlebihan, saya rasa 15-30 menit aja cukup kok.

Itulah catatan tentang manfaat tidur siang yang mudah-mudahan membantu kamu ya sob yang sudah menyempatkan membaca artikel sederhana ini.
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Emoticon

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Mkasih mas artikel nya sangat membantu mas mkasih ya 🙏

    ReplyDelete
7502281396642973619