BLANTERVIO103

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar
Jul 24, 2019
Mengenal suku baduy

Salah satu suku asli Banten adalah Suku Baduy, dimana, suku yang dari dulu hingga saat ini masih menjaga kepatuhannya. Dan, disini kita akan mengenal Suku Baduy lebih dekat lagi dengan beberapa fakta yang saya ketahui.

Pernahkah kamu berkunjung ke salah satu suku asli yang masih terjaga peradabannya di Provinsi paling barat pulau jawa ini? Jika belum, maka disni kita akan mengenal suku Baduy yang benar-benar bisa menjadi teladan bagi kita.

Suku ini sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar, namun dari keduanya terdapat beberapa perbedaan, salah satunya adalah kepatuhannya terhadap nenek moyang mereka.

Suku Baduy Dalam


Suku baduy dalam

Kita akan mengenal suku Baduy dalam terlebih dahulu, sehingga kita akan mengetahui, apa saja perbedaan Baduy dalam dan Badut luar. Maka dari itu, disini kita akan membahasnya ya sobat, khususnya buat kalian yang belum pernah berkunjung kesana.

Suku Baduy dalam atau disebut Baduy Asli, adalah suku yang benar-benar patuh terhadap aturan-aturan yang ada di peradaban suku ini, bahkan, teman saya pernah bilang ketika dia berkunjung kesana, katanya piring saja tidak boleh ada disana.

Suku Baduy dalam atau Baduy asli ini berada di dalam hutan yang memang itu tempat mereka hidup, dan masih menjaga kelestarian alamnya, inilah yang harus kita teladani dari suku ini, mereka jauh dari teknologi, mereka masih menjaga kelestarian hutan, makan minum dari hutan.

Konon, Baduy asli ini tidak begitu banyak keluarganya, mungkin masih bisa kita itung, sedangkan warga di Lebak itu sangat banyak.

Demikian dengan fakta lainnya, konon, warga Baduy asli bisa keluar dari kesukuannya, namun mereka tidak bisa kembali lagi, mereka bisa menjadi orang apa saja sesuai dengan keinginan mereka, ini saya dapatkan dari teman saya yang pernah berkunjung kesana.

Mungkin kamu pernah melihat ada orang yang mengaku dari suku baduy atau kalau di kampung saya di sebut Rawayan, memakai baju putih, tidak memiliki kancing dan tidak menggunakan alas kaki, baik sandal maupun sepatu, itulah suku Baduy asli atau Baduy dalam.

Ketika kita masuk ke kawasan suku Baduy bagian dalam ini, kita harus patuh terhadap aturan-aturan yang di tentukan, bahkan, mengambil foto saja tidak boleh ada flash LED-nya, masih dari cerita teman saya ya sobat.

Jadi, kita enggak sembarang kalau mau berkunjung ke Suku Baduy, di Kabupaten Lebak ini, kita kudu patuh terhadap aturan-aturan, layaknya aturan dari Baduy asli.

Suku Baduy Luar


Suku baduy luar

Selanjutnya, kita akan mengenal Suku Baduy luar, yang berbeda dengan suku Baduy Dalam, jika mereka berada di kawasan hutan Rangkas Bitung, Banten, Suku Baduy luar ini terletak mengelilingin Baduy dalam, dan terdapat banyak sekali perbedaannya.

Baduy luar mengenal teknologi, uang, sekolah dan budaya-budaya luar lainnya, bahkan sering ada ke kampung saya juga ni Suku Baduy luar, mereka sudah menggunakan hape, sedangkan Suku Baduy luar, piring aja tidak boleh.

Perbedaan lainnya dari segi pakaian, Baduy luar bebas menggunakan pakaian apa saja, seperti pakaian berkancing, bercorak, dan warna pakaian yang mereka kenakan adalah warna hitam, saya mengetahui hal ini karena mereka sering ke kampung saya.

Adapun tujuan mereka ke kampung saya adalah dengan berjualan, seperti lomar, semar, balur, dan khas-khas suku Baduy, baik luar maupun dalam. Mereka juga menggunakan alas kaki seperti sandal, jika yang asli/dalam tidak.

Tak hanya itu saja, suku Baduy luar juga tidak memiliki aturan khusus layaknya Suku Baduy dalam, sehingga jangan salah ketika kamu bertemu dengan orang Baduy ya.

Berwisata ke Suku Baduy



Setelah kita mengenal suku Baduy secara singkat melalui artikel ini, membuat kamu ingin sekali berkunjung ke Baduy, apakah bisa? Tentu saja bisa, namun ingat, ada aturan khsusu yang wajib kamu patuhi kalau mau kesana.

Bagi kamu yang berada di Jakarta atau Tanggerang, tentu saja tidak jauh, kamu tinggal ke Rangkas Bitung saja, dari sana deket kok. Kamu bisa mengenal lebih dalam lagi kehidupan-kehidupan Suku Baduy dan belajar disana mengenai kehidupan mereka yang bisa dijadikan teladan.

Salah satunya seperti yang saya bilang, yaitu menjaga kelestarian hutan, lantaran mereka tidak mengenal suku luar, tidak ada handphone, uang, sekolah, pakaian, alat-alat luar lainnya yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Tapi, kalau ternyata ada, berarti kamu belum masuk ke kawasan Baduy dalam, itu berarti masih berada di kawasan Baduy luar. Tenang aja, ada yang membimbing kok kalau kamu mau kesana.

Akhir Kata


Jadi kita sudah mengenal Suku Baduy dari sisi perbedaan antara suku Baduy dalam dan luar ya sobat, kamu bisa berkunjung kesana, tidak jauh kok, apalagi kamu yang dari Tangerang atau Jakarta, dekat banget.

Saya juga mau nih berkunjung kesana, soalnya saya belum pernah, tapi saya sering bertemu dengan mereka, terutama Baduy Luar, kalau Baduy dalam sih baru pernah sekali mereka berkunjung ke kampung saya.

Demikian ulasan mengenai Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar, semoga bermanfaat.
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7502281396642973619