10 Contoh Pelanggaran HAM yang Pernah Terjadi di Indonesia - Blog Nurdin Sikalem
Contoh pelanggaran HAM

Apa itu HAM? Seperti pada artikel sebelumnya mengenai pengertian hak asasi manusia sudah saya jelaskan, bahwa HAM merupakan hak-hak mutlak yang di miliki oleh setiap manusia sejak ia lahir. Lalu, bagaimana contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia?.


Mungkin pada artikel sebelumnya sudah saya tulis juga beberapa contoh kasus pelanggaran ham, namun disini saya akan memberikan beberapa contoh yang lebih banyak dan lengkap mengenai pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang pernah terjadi di negara kita.

Mungkin kamu pernah mengetahui atau pernah membaca beberapa tragedi, seperti tragedi Trisakti, tragedi tersebut adalah salah satu contoh pelanggaran HAM sebagaimana yang terjadi pada kasus di masa silam tersebut.

Baca Juga : Bahaya Social Climber

10 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia


10 contoh pelanggaran HAM di Indonesia

Tanpa banyak pembahasan, saya langsung saja memberikan contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang sudah saya kumpulkan. Sebenarnya banyak, namun disini saya hanya memberikan 10 contoh saja, yang penting kita tahu bagaimana pelanggaran HAM itu terjadi.

1. Tragedi Trisakti


Salah satu contoh pelanggaran HAM di tanah air adalah Tragedi Trisakti, dimana peristiwa tersebut merupakan tragedi yang paling terkenal di Indonesia dan tentu saja peristiwa Trisakti ini menjadi salah satu pelanggaran hak asasi manusia yang sangat perih.

Dalam peristiwa tersebut, terjadi penembakan Universitas Trisakti pada 12 Mei 1998, pada saat itu mahasiswa sedang melakukan demo menuntut Soeharto mundur dari jabatannya. Memang saya belum lahir pada peristiwa itu, tapi saya bisa melihat sejarah betapa hebatnya pelanggaran HAM itu.

Kenapa bisa melanggar HAM? Saya mengetahui katanya ada 4 orang tewas dan puluhan orang terluka akibat penembakan tersebut, tentu saja itu sudah benar-benar melanggar ham, karena semua manusia punya hak sebagaimana pengertiannya.

Ya, peristiwa Trisakti 1998 ini merupakan pelanggaran HAM yang paling kejam, mahasiswa sedang melakukan demo untuk Soeharto agar turun dari jabatannya, namun demo tersebut malah berakibat penembakan yang melanggar hak asasi manusia.

Peristiwa trisakti

2. Tragedi Semanggi I & II


Terjadi dua kali peristiwa Semanggi yang bisa dijadikan sebagai contoh pelanggaran HAM. Dimana, pada 13 November 1998 peristiwa yang mengakibatkan puluhan orang terluka dan 5 orang tewas. Tragedi ini adalah protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda sidang Istimewa MPR.

Akibatnya, hal itu menjadi pelanggaran HAM karena mengakibatkan puluhan warga sipil yang menjadi korban. Peristiwa itu juga menuntut pembersihan orde baru dari posisi pemerintah dan juga militer.

Kemudian, tragedi Semanggi II terjadi lagi pada tanggal 24 September 1999, selang hampir 1 tahun setelah tragedi Semanggi I. Peristiwa ini merupakan protes serta demonstrasi masyarakat sipil yang mengakibatkan ratusan orang terluka dan 5 orang meninggal dunia.

Karena terjadinya korban terluka dan meninggal, tentu saja hal ini menjadi pelanggaran HAM, seharusnya tidak terjadi hal-hal buruk karena masyarakat dan semua orang memiliki hak untuk menuntut, protes, memberikan pendapat, serta hak-hak asasi manusia.

3. Peristiwa Tanjung Priok


Peristiwa yang terjadi di Tanjung Priok juga menjadi contoh pelanggaran HAM di Indonesia, konon kasus ini terjadi pada tahun 1984 antara aparat dengan warga sekitar, peristiwa ini terjadi yang diakibatkan dari permasalahan unsur berbau sara dan politis.

Pada saat peristiwa itu terjadi, warga sekitar melakukan demo kepada pemerintah menolak pemindahan makam Mbah Priok, sehingga hal tersebut mengakibatkan bentroknya warga dengan aparat TNI dan Polisi.

Akibat dari bentrok yang terjadi pada peristiwa Tanjung Priok, ratusan warga meninggal dunia karena kekacauan dan penembakan yang terjadi. Apa yang terjadi pada saat itu? Seharusnya tidak harus melakukan kekerasan dan penembakan, karena lagi-lagi masyarakat punya untuk demo, benarkan?.

4. Peristiwa Kasus Bulukamba


Pada tahun 2003, terjadi sebuah peristiwa yang mengakibatkan banyak korban tewas, dimana pada saat itu terjadi demonstrasi warga yang berujung bentrok dengan Polisi sehingga menyebabkan banyak korban, peristiwa inipun menjadi salah satu contoh pelanggaran HAM.

Adapun pemicu dari peristiwa Bulukamba karena PT. London Sumatra (Lonsum) ingin memperluas lahan/area perkebunan, namun hal itu ditolak keras oleh yang warga yang akhirnya, warga setempat melakukan demo yang berujung bentrok tadi.

Perseteruan antara Lonsom dan warga setempat adalah pemicu dari pelanggaran HAM. Adapun pelanggaran ini terjadi bisa kita lihat pada tragedi itu banyaknya korban yang meninggal pada kejadian peristiwa Bulukamba.

5. Tragedi Bom Bali


Tragedi Bom Bali juga merupakan salah satu contoh pelanggaran HAM pada tahun 2002. Siapa yang tidak kenal dengan tragedi ini? Tragedi Bom Bali juga menjadi bahan perbincangan yang sangat terkenal pada saat itu hingga kini.

Pada peristiwa itu, terjadi pengeboman di kawasan Legian Kuta, Bali oleh sekelompok teroris. Akibat dari pengeboman tersebut, ratusan orang meninggal dunia, baik itu warga lokal maupun turis dari mancanegara.

Bahkan, tragedi Bom Bali pada saat itu adalah aksi teroris terbesar yang pernah terjadi di Indonesia, kejadian itupun menjadi bahan perbincangan dunia. Tidak hanya itu saja, tahun-tahun kemarin juga sempat terjadi lagi pengeboman di Indonesia, seperti di Thamrin, Jakarta.

6. Pengkhianatan G 30S/PKI


Kenapa disebut G 30S/PKI? Karena pada saat itu, terjadi pengkhianatan Partai Komunis Indonesia, yaitu Gerakan 30 September PKI, dan disingkat menjadi G 30 S/PKI, hingga saat ini, kasus itu masih menjadi bahan perbincangan, bahkan film yang menceritakan kasus ini juga sering di putar ulang.

Pada saat itu terjadinya penculikan dan pembunuhan beberapa Perwira dan Jendral militer tanggal 30 September 1969 oleh gerakan PKI. Pemberontakan PKI pada saat itu adalah contoh pelanggaran HAM.

Setelah membunuh 10 Perwira dan Jenderal TNI, mereka membuang mayatnya ke Sumur Lubang Buaya. Pemberontakan itu membuat PKI menjadi partai yang dilarang karena sudah memberontak dan mengkhianati negara.

Pengkhianatan PKI

7. Peristiwa Rawagede


Kasus pembantaian Rawagede adalah contoh pelanggaran HAM karena terjadinya penembakan serta pembunuhan warga Kampung Rawagede yang kini dikenal sebagai Desa Balongsari, Karawang. Pembantaian ini dilakukan oleh tentara Belanda.

Pada tahun 9 Desember 1945, tentara Belanda membunuh warga sipil tanpa alasan yang jelas, dan itu terjadi bersamaan dengan Agresi Militer Belanda I. Ya, pada waktu itu Indonesia sudah merdeka, tapi masih saja terjadi pemberontakan.

Kasus-kasus pelanggaran HAM ini memang banyak sekali terjadi di tahun-tahun silam, bahkan mungkin saat ini pun masih saja banyak yang melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang seharusnya tidak dilakukan, karena semua manusia punya hak.

8. Pembantaian Santa Cruz


12 November 1991 terjadi kasus pembantaian Santa Cruz yang tentu saja menjadi contoh pelanggaran HAM. Di area Pemakaman Santa Cruz, Timor Timur yang kini menjadi Timor Leste, terjadi pembantaian oleh militer terhadap warga sipil.

Akibat dari pembantaian itu, puluhan warga sipil dan pelajar meninggal dunia, konon kasus ini di picu oleh faktor politik, sehingga pembantaian yang mengakibatkan pembunuhan pun terjadi pada masa itu.

9. Peristiwa Pembantaian Petani


Tahun 1997 juga terjadi pembantaian pertani di Desa Sungai Sodong, Mesuji, Ogan Komeling Ilir, Sulawesi Selatan Termasuk pelanggaran hak asasi manusia yang menjadi contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia.

Peristiwa tersebut di picu akibat pertikaian antara petani dengan perusahaan kelapa sawit karena adanya permasalahan kerjasama plasma yang sebelumnya memang sudah disepakati, dan hal itu menjadi tragedi yang menyedihkan.

Peristiwa yang terjadi ini mengakibatkan puluhan orang menjadi korban akibat dari konflik ini, baik itu dari pihak warga ataupun dari pihak keamanan, kedua belah pihak akhirnya menjadi korban dan itu salah satu pelanggaran HAM.

10. Pemberontakan GAM


Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang pada saat itu mereka ingin memperoleh kemerdekaan dari Indonesia. GAM melakukan pemberontakan pertamanya pada 4 Desember 1976. Pada saat itu, terjadilah konflik antara GAM dan pemerintahan.

Adapun terjadinya peristiwa ini diakibatkan oleh adanya perbedaan keinginan, hingga pada akhirnya terjadilah konflik yang mengakibatkan puluhan ribu korban tewas. Peristiwa pemberontakan GAM ini juga salah satu contoh pelanggaran HAM.

Pelanggaran HAM

Jangan Melanggar HAM


Setelah kita melihat contoh pelanggaran HAM di Indonesia, ternyata ada banyak sekali kasusnya dan kasus-kasus itupun sangat pedih, seharusnya pelanggaran HAM ini tidak terjadi karena semua orang memiliki hak sebagaimana pada pengertian HAM yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Hak Asasi Manusia adalah bersifat mutlak dan tidak bisa di gugat, karenanya barang siapa yang melanggar HAM, maka ia berhadapan dengan Hukum. Jadi, gunakan hak masing-masing dan jangan sampai terjadi lagi pelanggaran HAM yang kejam itu.

Akhir Kata


Dan itulah 10 contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang begitu kejam, pelanggaran-pelanggaran di atas memang saya tidak begitu mengenalnya, tetapi kita bisa mengetahui sejarah-sejarahnya dari buku-buku yang beredar.

Jika kamu ingin mengetahui sejarah pelanggaran HAM yang terjadi itu, seperti misalnya pengkhianatan G 30S/PKI, maka kamu bisa mencari sejarahnya, baik itu di buku maupun di media internet.

10 Contoh Pelanggaran HAM yang Pernah Terjadi di Indonesia

10 Contoh Pelanggaran HAM yang Pernah Terjadi di Indonesia
Blog Nurdin Sikalem
Contoh pelanggaran HAM

Apa itu HAM? Seperti pada artikel sebelumnya mengenai pengertian hak asasi manusia sudah saya jelaskan, bahwa HAM merupakan hak-hak mutlak yang di miliki oleh setiap manusia sejak ia lahir. Lalu, bagaimana contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia?.


Mungkin pada artikel sebelumnya sudah saya tulis juga beberapa contoh kasus pelanggaran ham, namun disini saya akan memberikan beberapa contoh yang lebih banyak dan lengkap mengenai pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang pernah terjadi di negara kita.

Mungkin kamu pernah mengetahui atau pernah membaca beberapa tragedi, seperti tragedi Trisakti, tragedi tersebut adalah salah satu contoh pelanggaran HAM sebagaimana yang terjadi pada kasus di masa silam tersebut.

Baca Juga : Bahaya Social Climber

10 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia


10 contoh pelanggaran HAM di Indonesia

Tanpa banyak pembahasan, saya langsung saja memberikan contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang sudah saya kumpulkan. Sebenarnya banyak, namun disini saya hanya memberikan 10 contoh saja, yang penting kita tahu bagaimana pelanggaran HAM itu terjadi.

1. Tragedi Trisakti


Salah satu contoh pelanggaran HAM di tanah air adalah Tragedi Trisakti, dimana peristiwa tersebut merupakan tragedi yang paling terkenal di Indonesia dan tentu saja peristiwa Trisakti ini menjadi salah satu pelanggaran hak asasi manusia yang sangat perih.

Dalam peristiwa tersebut, terjadi penembakan Universitas Trisakti pada 12 Mei 1998, pada saat itu mahasiswa sedang melakukan demo menuntut Soeharto mundur dari jabatannya. Memang saya belum lahir pada peristiwa itu, tapi saya bisa melihat sejarah betapa hebatnya pelanggaran HAM itu.

Kenapa bisa melanggar HAM? Saya mengetahui katanya ada 4 orang tewas dan puluhan orang terluka akibat penembakan tersebut, tentu saja itu sudah benar-benar melanggar ham, karena semua manusia punya hak sebagaimana pengertiannya.

Ya, peristiwa Trisakti 1998 ini merupakan pelanggaran HAM yang paling kejam, mahasiswa sedang melakukan demo untuk Soeharto agar turun dari jabatannya, namun demo tersebut malah berakibat penembakan yang melanggar hak asasi manusia.

Peristiwa trisakti

2. Tragedi Semanggi I & II


Terjadi dua kali peristiwa Semanggi yang bisa dijadikan sebagai contoh pelanggaran HAM. Dimana, pada 13 November 1998 peristiwa yang mengakibatkan puluhan orang terluka dan 5 orang tewas. Tragedi ini adalah protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda sidang Istimewa MPR.

Akibatnya, hal itu menjadi pelanggaran HAM karena mengakibatkan puluhan warga sipil yang menjadi korban. Peristiwa itu juga menuntut pembersihan orde baru dari posisi pemerintah dan juga militer.

Kemudian, tragedi Semanggi II terjadi lagi pada tanggal 24 September 1999, selang hampir 1 tahun setelah tragedi Semanggi I. Peristiwa ini merupakan protes serta demonstrasi masyarakat sipil yang mengakibatkan ratusan orang terluka dan 5 orang meninggal dunia.

Karena terjadinya korban terluka dan meninggal, tentu saja hal ini menjadi pelanggaran HAM, seharusnya tidak terjadi hal-hal buruk karena masyarakat dan semua orang memiliki hak untuk menuntut, protes, memberikan pendapat, serta hak-hak asasi manusia.

3. Peristiwa Tanjung Priok


Peristiwa yang terjadi di Tanjung Priok juga menjadi contoh pelanggaran HAM di Indonesia, konon kasus ini terjadi pada tahun 1984 antara aparat dengan warga sekitar, peristiwa ini terjadi yang diakibatkan dari permasalahan unsur berbau sara dan politis.

Pada saat peristiwa itu terjadi, warga sekitar melakukan demo kepada pemerintah menolak pemindahan makam Mbah Priok, sehingga hal tersebut mengakibatkan bentroknya warga dengan aparat TNI dan Polisi.

Akibat dari bentrok yang terjadi pada peristiwa Tanjung Priok, ratusan warga meninggal dunia karena kekacauan dan penembakan yang terjadi. Apa yang terjadi pada saat itu? Seharusnya tidak harus melakukan kekerasan dan penembakan, karena lagi-lagi masyarakat punya untuk demo, benarkan?.

4. Peristiwa Kasus Bulukamba


Pada tahun 2003, terjadi sebuah peristiwa yang mengakibatkan banyak korban tewas, dimana pada saat itu terjadi demonstrasi warga yang berujung bentrok dengan Polisi sehingga menyebabkan banyak korban, peristiwa inipun menjadi salah satu contoh pelanggaran HAM.

Adapun pemicu dari peristiwa Bulukamba karena PT. London Sumatra (Lonsum) ingin memperluas lahan/area perkebunan, namun hal itu ditolak keras oleh yang warga yang akhirnya, warga setempat melakukan demo yang berujung bentrok tadi.

Perseteruan antara Lonsom dan warga setempat adalah pemicu dari pelanggaran HAM. Adapun pelanggaran ini terjadi bisa kita lihat pada tragedi itu banyaknya korban yang meninggal pada kejadian peristiwa Bulukamba.

5. Tragedi Bom Bali


Tragedi Bom Bali juga merupakan salah satu contoh pelanggaran HAM pada tahun 2002. Siapa yang tidak kenal dengan tragedi ini? Tragedi Bom Bali juga menjadi bahan perbincangan yang sangat terkenal pada saat itu hingga kini.

Pada peristiwa itu, terjadi pengeboman di kawasan Legian Kuta, Bali oleh sekelompok teroris. Akibat dari pengeboman tersebut, ratusan orang meninggal dunia, baik itu warga lokal maupun turis dari mancanegara.

Bahkan, tragedi Bom Bali pada saat itu adalah aksi teroris terbesar yang pernah terjadi di Indonesia, kejadian itupun menjadi bahan perbincangan dunia. Tidak hanya itu saja, tahun-tahun kemarin juga sempat terjadi lagi pengeboman di Indonesia, seperti di Thamrin, Jakarta.

6. Pengkhianatan G 30S/PKI


Kenapa disebut G 30S/PKI? Karena pada saat itu, terjadi pengkhianatan Partai Komunis Indonesia, yaitu Gerakan 30 September PKI, dan disingkat menjadi G 30 S/PKI, hingga saat ini, kasus itu masih menjadi bahan perbincangan, bahkan film yang menceritakan kasus ini juga sering di putar ulang.

Pada saat itu terjadinya penculikan dan pembunuhan beberapa Perwira dan Jendral militer tanggal 30 September 1969 oleh gerakan PKI. Pemberontakan PKI pada saat itu adalah contoh pelanggaran HAM.

Setelah membunuh 10 Perwira dan Jenderal TNI, mereka membuang mayatnya ke Sumur Lubang Buaya. Pemberontakan itu membuat PKI menjadi partai yang dilarang karena sudah memberontak dan mengkhianati negara.

Pengkhianatan PKI

7. Peristiwa Rawagede


Kasus pembantaian Rawagede adalah contoh pelanggaran HAM karena terjadinya penembakan serta pembunuhan warga Kampung Rawagede yang kini dikenal sebagai Desa Balongsari, Karawang. Pembantaian ini dilakukan oleh tentara Belanda.

Pada tahun 9 Desember 1945, tentara Belanda membunuh warga sipil tanpa alasan yang jelas, dan itu terjadi bersamaan dengan Agresi Militer Belanda I. Ya, pada waktu itu Indonesia sudah merdeka, tapi masih saja terjadi pemberontakan.

Kasus-kasus pelanggaran HAM ini memang banyak sekali terjadi di tahun-tahun silam, bahkan mungkin saat ini pun masih saja banyak yang melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang seharusnya tidak dilakukan, karena semua manusia punya hak.

8. Pembantaian Santa Cruz


12 November 1991 terjadi kasus pembantaian Santa Cruz yang tentu saja menjadi contoh pelanggaran HAM. Di area Pemakaman Santa Cruz, Timor Timur yang kini menjadi Timor Leste, terjadi pembantaian oleh militer terhadap warga sipil.

Akibat dari pembantaian itu, puluhan warga sipil dan pelajar meninggal dunia, konon kasus ini di picu oleh faktor politik, sehingga pembantaian yang mengakibatkan pembunuhan pun terjadi pada masa itu.

9. Peristiwa Pembantaian Petani


Tahun 1997 juga terjadi pembantaian pertani di Desa Sungai Sodong, Mesuji, Ogan Komeling Ilir, Sulawesi Selatan Termasuk pelanggaran hak asasi manusia yang menjadi contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia.

Peristiwa tersebut di picu akibat pertikaian antara petani dengan perusahaan kelapa sawit karena adanya permasalahan kerjasama plasma yang sebelumnya memang sudah disepakati, dan hal itu menjadi tragedi yang menyedihkan.

Peristiwa yang terjadi ini mengakibatkan puluhan orang menjadi korban akibat dari konflik ini, baik itu dari pihak warga ataupun dari pihak keamanan, kedua belah pihak akhirnya menjadi korban dan itu salah satu pelanggaran HAM.

10. Pemberontakan GAM


Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang pada saat itu mereka ingin memperoleh kemerdekaan dari Indonesia. GAM melakukan pemberontakan pertamanya pada 4 Desember 1976. Pada saat itu, terjadilah konflik antara GAM dan pemerintahan.

Adapun terjadinya peristiwa ini diakibatkan oleh adanya perbedaan keinginan, hingga pada akhirnya terjadilah konflik yang mengakibatkan puluhan ribu korban tewas. Peristiwa pemberontakan GAM ini juga salah satu contoh pelanggaran HAM.

Pelanggaran HAM

Jangan Melanggar HAM


Setelah kita melihat contoh pelanggaran HAM di Indonesia, ternyata ada banyak sekali kasusnya dan kasus-kasus itupun sangat pedih, seharusnya pelanggaran HAM ini tidak terjadi karena semua orang memiliki hak sebagaimana pada pengertian HAM yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Hak Asasi Manusia adalah bersifat mutlak dan tidak bisa di gugat, karenanya barang siapa yang melanggar HAM, maka ia berhadapan dengan Hukum. Jadi, gunakan hak masing-masing dan jangan sampai terjadi lagi pelanggaran HAM yang kejam itu.

Akhir Kata


Dan itulah 10 contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang begitu kejam, pelanggaran-pelanggaran di atas memang saya tidak begitu mengenalnya, tetapi kita bisa mengetahui sejarah-sejarahnya dari buku-buku yang beredar.

Jika kamu ingin mengetahui sejarah pelanggaran HAM yang terjadi itu, seperti misalnya pengkhianatan G 30S/PKI, maka kamu bisa mencari sejarahnya, baik itu di buku maupun di media internet.
Loading...