BLANTERVIO103

Bahaya Social Climber di Media Sosial Bertantangan Dengan Undang-undang ITE

Bahaya Social Climber di Media Sosial Bertantangan Dengan Undang-undang ITE
Sep 14, 2019
Social Climber

Social climber atau pansos merupakan sikap buruk yang tidak boleh dilakukan, namun saya melihat di media sosial, banyak banget orang-orang yang sering memposting sesuatu yang menunjukkan dirinya orang yang paling hebat.

Padahal sikap social climber ini sangat tidak boleh di lakukan, apalagi itu bertantangan dengan undang-undang ITE, mau terjerat hukum? Silahkan gunakan social media untuk memposting hal yang tidak pantas, seperti panjat sosial.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa bahaya social climber yang harus diketahui agar kita lebih bijak dalam menggunakan social media, seperti mencari sensasi di media sosial dengan sikap pansos merupakan hal salah.

Maka dari itu, agar kamu tidak terjerat dalam masalah besar hanya karena sikap pansos kamu di media sosial, berikut ini bahaya social climber yang membuat kamu tidak akan lagi mencari sensasi di media sosial.

Baca Juga : Kata-kata Bahasa Gaul Jaman Now

Bertentangan dengan hukum karena adanya undang-undang ITE


Social climber bertantangan dengan uu ITE

Sudah tahu undang-undang ITE? Jika belum tahu, jangan menggunakan social media, jika kamu ingin menggunakannya cari tahu apa itu undang-undang ITE? Social climbing bertentangan dengan undang-undang ini, akibatnya hukumanlah bagi mereka yang melakukan pelanggaran.

Kenapa sikap ini bertentangan? Karena social climbing atau pansos adalah orang-orang yang cari muka, orang-orang yang ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain, orang-orang yang ingin diketahui bahwa dirinya paling hebat.

Sehingga, hal itu membuat dirinya melakukan sesuatu yang di luar batas wajar, seperti pansos adalah sikap yang tidak boleh dimiliki, buang jauh-jauh karena ini bersikap sara. Jika dibiarkan, siap-siap undang-undang ITE menjeratmu.

Baca Juga : Arti Kepala Batu

Dibenci orang lain dan dijauhi teman sendiri


Dijauhi teman

Coba kamu perhatikan bahwa social climber adalah sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan, mencari sensasi di media sosial adalah orang-orang pansos, maka dari itu, dengan pencarian sensasi itulah mereka dibenci orang lain.

Orang akan merasa bahwa dia sangat buruk, lantaran memamerkan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan, seperti contohnya dia memiliki uang banyak dan dipamerkan di facebook dengan kata-kata yang aduhay banget.

Disitulah orang lain akan merasa resah kepada dia, sehingga dibenci, dan teman yang tadinya selalu bersamapun akhirnya pergi begitu saja akibat sikap pansos itu. Tidak ada yang hebat dari sikap pansos, malah akan sangat berbahaya bagi diri sendiri.

Social climber adalah gangguan jiwa yang sangat berbahaya


Gangguan jiwa social climber

Kenapa harus gangguan jiwa? Karena memang orang yang memiliki sifat social climber atau panjat sosial ini sudah benar-benar diluar batas, hingga pada akhirnya apapun dia lakukan demi eksis di media sosial.

Bisa kita lihat sendiri hal itu, tentu saja itu merupakan gangguan jiwa, sehingga ini adalah penyakit jiwa yang harus segera ditinggalkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal lain mengatakan, pansos merupakan gangguan jiwa yang menyandu.

Tak cuma itu, orang yang berjiwa pansos, biasanya mereka ingin segera memposting sesuatu atau meng-upload foto yang memamerkan sesuatu ke media sosial, pantas saja pansos ini dikatakan gangguan jiwa yang menyandu.

Baca Juga : Arti Makan Hati

Kehilangan kepercayaan orang lain akibat social climber


Social climber membuat orang lain hilang kepercayaan

Fakta lain dari sifat social climber adalah dia tidak bisa menjaga rahasia orang lain, jika kamu punya teman yang sangat update di media sosial dengan postingannya yang aduhay, segera jauhi, karena akan berakibat pada diri kamu sendiri.

Akibat dari perbuatan itu, setiap rahasia tidak akan terjaga, orang pansos tidak bisa menjaga rahasia orang lain. Mereka kepo orangnya, mulutnya tidak terjaga dan kekeh buat dapetin informasi yang seharusnya menjadi rahasia untuk di cibirkan.

Jika kamu merupakan orang yang pansos, siap-siap kepercayaan orang lain akan hilang, bisa saya katakan bahwa ini merupakan ciri-ciri orang yang pansos dan bahayanya sangat gede, dengan begitu segeralah jauhi sikap buruk ini.

Tips menghindari sikap pansos


Pansos

Jika kamu termasuk orang yang kecanduan atau yang menjadi korban jiwa social climber, setelah mengetahui bahayanya, kamu ingin segera mengakhiri candu dari panjat social climbing ini, maka bisa kamu coba tips yang saya miliki ini.

Diantaranya dari tips tersebut adalah.
  • Kurangi penggunaan social media
  • Gunakan sebutuhnya saja
  • Posting sesuatu yang biasa-biasa saja
  • Upload foto seadanya, jangan terlalu pamer
  • Ketika memiliki sesuatu, jangan di upload, biarkan kamu yang tahu
  • Gunakan media sosial seminggu sekali saja

Dan lainnya bisa kamu atur sendiri untuk menghindari sikap panjat social yang sangat berbahaya dan bahkan bisa menjerumuskan kamu ke dalam penjara lo sob, karena bertentangan dengan undang-undang ITE.

Akhir kata


Jadi, itulah bahaya social climber, segera hindari agar kamu baik-baik saja. Menuliskan artikel ini saya bermaksud untuk membuat pengguna sosial media tidak kebablasan batas, jangan sampai hanya karena postingan di medsos kamu terjerat hukum.

Apalagi kasus-kasus seperti itu sudah banyak terjadi dari tahun-tahun sebelumnya, saya sudah banyak mendapatkan berita kasus penggunaan media sosial, diantara yang paling parah adalah orang yang bersikap pamer atau pansos.

Demikian artikel tentang bahaya social climber di media sosial bertantangan dengan undang-undang ITE semoga bermanfaat.
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7502281396642973619