BLANTERVIO103

Ini Dia Artinya Cash On Delivery Dalam Belanja Online

Ini Dia Artinya Cash On Delivery Dalam Belanja Online
Oct 8, 2019
arti cash on delivery

Apa artinya cash on delivery atau yang lebih dikenal dengan COD? Jika kamu belum mengetahui arti dari istilah ini, terutama dalam belanja online, tenang saja saya akan membahasnya dengan apa yang saya ketahui.


Cash On Delivery banyak terjadi di toko-toko online ataupun marketplace dan forum/group jual beli, lantaran Cash On Delivery merupakan suatu metode pembayaran yang bisa dipilih oleh orang-orang yang melakukan belanja online.

Baca Juga : Pengertian Fakta dan Opini

Cash On Delivery Adalah


Artinya cash on delivery adalah bayar di tempat, atau melakukan pembayaran setelah barang sampai di tangan pembeli, sehingga kita sebagai konsumen tidak perlu membayar barang terlebih dahulu sebelum barang sampai ke tangan.

Seperti kita lihat, Cash On Delivery ini merupakan suatu metode pembayaran, biasanya setelah kita membeli barang, kita akan di lanjutkan ke halaman pembayaran, disitu ada pilihan pembayaran seperti Transfer, Kartu Kredit, Cash On Delivery/Bayar Ditempat, dan lainnya.

Dan ternyata, metode COD atau Cash On Delivery ini ada kelebihan dan kekurangan juga bagi kedua belah pihak, baik itu kamu sebagai pembeli maupun seller sebagai penjual barang yang menyediakan metode pembayaran Cash On Delivery.

Kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan jenis pembayaran Cash On Delivery bagi kedua belah pihak ini?.

Cash on delivery

Kelebihan Cash On Delivery


Sesuai dengan yang saya katakan bahwa artinya cash on delivery adalah melakukan pembayaran di tempat, dan ada kelebihan yang sangat menguntungkan dari metode pembayaran yang tanpa harus membayar lebih awal sebelum barang dikirim.

Dimana, bagi pembeli, kita tidak perlu takut akan ketipu, karena jika barang tidak sampai ke rumah atau ke tangan pembeli, kita tidak perlu membayar apa yang telah kita beli. Tentu saja metode ini menjadi pilihan terbaik bagi orang yang hobi berbelanja online.

Kemudian juga pembeli tidak perlu pergi jauh-jauh nyari ATM hanya untuk membayar pesanan, tidak dikenakan pajak, dan pokoknya jenis transaksi Cash On Delivery ini sangat menguntungkan bagi pembeli.

Jika kelebihan ini hanya untuk sebagai pembeli saja, apa mungkin bagi seller juga ada keuntungannya? Jelas ada, penjual/seller akan terhindar dari dosa karena tidak akan menipu pembeli, sedangkan jika pembayaran yang dilakukan misalnya transfer.

Membayar barang terlebih dahulu sebelum barang di tangan, bisa saja oknum nakal tanpa sepengetahuan pembeli tidak mengirimkan barang, toh uang sudah mereka dapatkan, dan tentu saja mereka juga mendapatkan dosa yang bahkan melimpah akibat dari merugikan orang lain.

Baca Juga : Arti Kata Alay


Kekurangan Cash On Delivery


Sebenarnya, sesuai dengan artinya cash on delivery di atas, kita bisa lihat tidak ada kekurangan yang lebih dari metode ini, hanya saja sang penjual yang agak lama menerima pembayaran dari pembeli, tapi tidak begitu rugi, kenapa?.

Karena keduanya sama-sama menunggu, seperti pembeli yang menunggu barang sampai, begitu pula dengan penjual yang menunggu pembayarannya sedangkan jika barang belum di terima pembeli, uang pembayaran belum mereka dapatkan.

So, sebelas dua belas saja lah, keduanya sama-sama menunggu. Ini tentunya bagus loh, saling menunggu itu artinya saling percaya, siapa tahu penjual dan pembelinya sama-sama single dan berjodoh, wkwk, eh kemana ini yah.

Apakah sekarang kamu sudah tahu apa artinya cash on delivery? Iya dong, sekarang sudah tahu setelah mendapatkan penjelasannya dari artikel ini.


Akhir Kata


Dan itulah artinya cash on delivery yang telah saya tulis di atas dengan kelebihan dan kekurangan COD ini. Akhir kata semoga artikel yang saya buat dengan gaya bahasa sederhana sesuai dengan kemampuan saya ini bisa di pahami dan dapat membantu.

Jangan lupa tunggu artikel selanjutnya, atau kamu bisa mencari artikel-artikel tentang pengertian, arti kata, bahasa gaul, arti mimpi, dan masih banyak lagi artikel yang saya muat di blog ini.
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7502281396642973619