BLANTERVIO103

Memberi Makanan Bayi yang Tepat untuk Usianya

Memberi Makanan Bayi yang Tepat untuk Usianya
Nov 25, 2019
Makanan Bayi

Tentu perkembangan bayi 15 bulan dengan bayi 4 bulan berbeda dalam pemberian asupan yang cocok. Jika tak benar dalam memilih makanan yang cocok untuk bayi, bisa terjadi kekurangan nutrisi atau mungkin justru gangguan pada pencernaan bayi. Usia ideal untuk memberikan makanan pendamping ASI adalah 6 bulan, seperti yang disarankan oleh para ahli.

Jenis Makanan Bayi Sesuai dengan Usianya


Memberi makanan pendamping ASI yang sesuai dengan usia bayi dapat membantu perkembangan bayi. Berikut adalah contoh makanan yang sesuai dengan usia bayi, antara lain:

1. Usia 0-4 bulan


Pada usia 0-4 bulan, bayi belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Oleh karena itu bayi belum bisa mencerna makanan padat dengan baik seperti bayi usia di atasnya. Seperti banyak yang beredar di media maya bahwa anak di bawah 2 bulan yang diberi makanan pendamping walaupun itu pisang tidak dapat mencernanya karena memang tidak ada makanan bayi 2 bulan selain ASI.

2. Usia 4-6 bulan


Pada usia 4-6 bulan, bayi sudah bisa mencerna makanan dengan baik. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan makanan pendamping ASI dalam jumlah cukup banyak dan tetap utamakan ASI sebagai nutrisi utama. Ibu bisa berikan buah pisang yang dilumatkan atau puree buah yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

3. Usia 6-10 bulan


Pada usia 6-8 bulan, ibu dapat memberikan bubur sereal untuk si kecil. Ibu juga dapat mengenalkan makanan baru yang lunak untuk si kecil, seperti buah-buahan dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi anak. Pada usia 8-10 bulan ibu dapat memberikan makanan yang bertekstur lebih kasar seperti nasi tim, biskuit bayi, maupun potongan telur rebus.

4. Usia di atas 10 bulan


Pada usia menjelang 1 tahun, ibu bisa memberikan makanan seperti orang dewasa seperti keju dan makanan lembut yang dapat dikunyah. Jika sudah memasuki perkembangan bayi 15 bulan atau di atas 1 tahun, ibu dapat memberikan memberikan susu sapi atau madu yang baik untuk anak, namun ibu juga harus menghindari makanan yang dapat memicu alergi.
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Emoticon
7502281396642973619