BLANTERVIO103

Arti Pantek Dalam KBBI dan Bahasa Sunda

Arti Pantek Dalam KBBI dan Bahasa Sunda
Dec 4, 2019
Arti Pantek

Pernah mendengar istilah pantek? Lalu ingin tahu apa arti pantek? Tenang saja, karena setelah membaca artikel ini kamu akan tahu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut yang memang agak asing. Tapi bagi saya tidak asing.

Istilah pantek berdasarkan apa yang saya ketahui ternyata memiliki makna yang berbeda dari Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Sunda. Maka dari itu, alasan saya mengulasnya karena beberapa orang mungkin hanya tahu pantek dalam satu bahasa.

Arti Kata Pantek Menurut KBBI


Didalam KBBI dijelaskan bahwa arti pantek adalah pasak dan paku semat. Sedangkan istilah ini memiliki kata dasar yaitu memantek yang artinya meletakkan sebuah benda (kayu, bambu, dan lainnya) dengan pantek.

Memantek juga dapat di artikan sebagai memasak. Selain memantek, kata dasarnya yang lainnya yaitu terpantek yang artinya berhubungan dengan benda-benda tajam. Terpasak, tertancap (Pisau, paku, dan sejenisnya).

Tapi, istilah yang saya jelaskan di atas adalah arti berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Yang perlu kamu ketahui, pantek juga merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang mungkin belum banyak orang lain mengetahuinya.

Arti Pantek Dalam Bahasa Sunda


Di dalam bahasa Sunda, arti pantek adalah hal-hal yang berhubungan dengan memukul, pukul, di pukul. Sehingga dalam bahasa Sunda dan KBBI istilah ini memiliki arti yang berbeda, begitu juga dengan maknanya yang tidak sama.

Kata dasar pantek dalam bahasa Sunda.

  • Di pantek : Di pukul;
  • Ka pantek : Terpukul;

Contoh penggunaan kata pantek dalam Bahasa Sunda.

  • Kuring ka pantek babaturan keur ngala cau (Saya terpukul teman saat ngambil pisang);
  • Tong hereuy bisi di pantek ku kuring (Jangan macem-macem nanti aku pukul);

Jadi jelas istilah pantek ini memiliki arti dan makna yang berbeda. Tapi sekarang kamu tahu setelah kamu membaca artikel yang sengaja saya buat ini bahwa pantek terdapat di dalam bahasa yang berbeda yang artinya pun tidak sama.

Jadi, apakah sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan pantek? Yes, jika kamu sudah paham dan sudah mengerti, saya tutup artikel ini. Dan akhir kata saya ucapkan, demikian artikel mengenai arti pantek dalam KBBI dan bahasa Sunda.

Baca Juga :
Loading...
Share This Article :
Nurdin Albantani

Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Emoticon
7502281396642973619