Mengenal Manfaat dan Bahaya Plastik Bagi Kehidupan

Plastik adalah

Plastik adalah produk sintetis yang terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer yang juga terdiri dari zat-zat lain.

Plastik sendiri ditemukan pada abad ke-19, sedangkan sudah beberapa tahun ini plastik menjadi bahan perbincangan karena katanya sangat berbahaya.

Sampah-sampah plastik memang bertebaran di seluruh penjuru dunia dengan tumpukan-tumpukan yang luar biasa.

Hal tersebut menjadi masalah serius untuk kita tangani, bagaimana agar plastik ini agar dapat dikelola dengan baik.

Daur Ulang Plastik


Sudah lama sejak beberapa tahun lalu banyak orang-orang kreatif yang mendaur ulang plastik untuk barang-barang tertentu.

Yang saya ingat, ketika itu waktu SMP sedang ramai tas dari plastik, saya pun tidak ketinggalan, saya mencoba membuatnya tapi saya tidak bisa.

Siapa yang pertama kali mendaur ulang? Saya tidak tahu, namun hingga saat ini banyak sekali orang yang mendaur ulang plastik dengan sangat kreatif.

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan


Plastik memang terdiri dari berbagai jenisnya, namun disini saya tidak menjelaskannya. Dari berbagai jenis plastik yang ada ternyata benar-benar menimbulkan masalah.

Mulai dari mainan, alat elektronik, otomotif, dan barang-barang lainnya banyak sekali yang terbuat dari plastik.

Tentu saja penggunaannya sangat besar. Apalagi harga plastik yang tergolong sangat murah, penggunaannya pun mengalami pemborosan dari tahun ke tahun.

Lantas, bagaimana mengenai plastik untuk kesehatan? Apa benar berbahaya?.

Berdasarkan informasi yang saya rangkum dari berbagai media, ternyata plastik dapat menyebabkan masalah kanker, depresi, mengganggu sistem saraf, pembekakkan hati, gangguan reproduksi, dan gangguan paru-paru.

Hmm, bagaimana ya kira-kira yang seharusnya kita lakukan agar penyakit tersebut tidak terjadi? Tentu menggunakan plastik dengan cara yang benar.

Selain itu, karena banyaknya plastik yang hingga setiap hari kita gunakan dari berbagai jenis, plastik juga ada yang berstandar SNI dan ada juga yang tidak berstandar SNI.

Hal tersebut menyebabkan kekhawatiran timbulnya masalah yang tertulis di atas jika kita tidak menggunakannya dengan cara yang benar.
Plastik adalah


Mengganggu Lingkungan


Kita tahu bahwa plastik yang sering kita lihat akan sangat mengganggu terhadap lingkungan yang ada, apalagi mereka yang biasa membuang sampah sembarangan.

Sampah plastik bertaburan di mana-mana, katanya jika di bakar malah akan mengakibatkan penyakit yang dapat merusak tubuh.

Selain mengganggu kesehatan, plastik pun dapat menyebabkan terjadinya banjir, kesuburan tanah menurun, hewan terjerat, pencemaran air, meracuni mahluk hidup dan masih banyak lagi.

Itulah alasan kenapa sekarang di adakan hari plastik nasional dan penggunaan plastik ini direkomendasikan agar tidak berlebihan.

Mengurangi Sampah Plastik


Jika kamu tidak ingin terjadinya masalah-masalah yang tertulis di atas, terutama dampaknya bagi kesehatan dan taruhannya nyawa kita sendiri.

Ada baiknya kita mengurangi penggunaan plastik di dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat belanja kita membawa tas dari rumah.

Hal ini dulu pernah direkomendasikan di Indonesia agar saat kita belanja ke pasar maupun minimarket atau supermarket, kita di haruskan membawa tas dari rumah.

Karena, belanja sedikit saja, jika tidak bawa tas maka wadah yang mereka berikan adalah plastik, dan tentu itu menyebabkan plastik semakin bertambah sampahnya.

Pun dapat menyebabkan masalah-masalah yang seharusnya tidak terjadi. Dengan demikian, bijaklah menggunakan plastik.

Manfaat Plastik


Untuk manfaatnya mungkin tidak ada yang dibilang wah dari plastik ini, hanya saja di manfaatkan untuk wadah barang-barang kecil.

Juga, karena harganya sangat murah, plastik pun di manfaatkan untuk melengkapi kebutuhan produk, seperti pembuatan ponsel, laptop, kemasan, dan lainnya.

Jadi mungkin tidak ada manfaat lain dari plastik ini selain sebagai kemasan dan kebutuhan untuk membuat sesuatu dari perusahaan-perusahaan.

Kesimpulan


Jadi, plastik ini dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan kita, namun juga bermanfaat bagi sebuah perusahaan dan mungkin kita juga mendapatkan manfaatnya untuk wadah.

Tapi, sangat direkomendasikan agar mengurangi plastik dalam kehidupan sehari-hari agar bahasa dari plastik ini tidak kita dapatkan.

Masih ingin memperbesar penggunaan plastik?.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Manfaat dan Bahaya Plastik Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...