Jangan Lakukan Hal Berbahaya Ini di Facebook

Hal berbahaya di facebook

Facebook tak hanya dijadikan sebagai media hiburan saja, tetapi sebagai bentuk dalam komunikasi jarak jauh yang sangat singkat.

Namun sayangnya, Facebook juga dijadikan untuk kejahatan seperti kasus-kasus yang sudah banyak bertebaran hingga mematikan.

Tak cuma satu atau dua kasus, melainkan banyak kasus, ada yang berurusan dengan hukum, ada yang menjadi korban kejahatan dan bahkan meninggal akibat kenalan di Facebook.

Ngeri bukan? Maka sengaja saja terbitkan artikel ini karena terinspirasi dari kabar yang sudah tersebar mengenai hal yang tidak boleh dilakukan di facebook.

Lantas, apa saja hal-hal yang sebaiknya tidak boleh kita lakukan di salah satu media sosial terbesar buatan Mark Zuckerberg ini?.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Facebook


Jika kamu tidak ingin mendapati masalah akibat dari penggunaan Facebook, sebaiknya tidak boleh melakukan hal-hal yang telah saya kutip berikut ini.

1. Membagikan Informasi Pribadi


Informasi pribadi

Siapa bilang membagikan informasi pribadi secara langsung di Facebook bukan masalah? Nyatanya, dengan melakukan hal ini, orang lain akan mudah menemui informasi tentang dirimu.

Sebaiknya, jangan mencoba membagikan informasi tentang diri kamu yang asli, meskipun Facebook memintanya, seperti pekerjaan, tempat tinggal atau info pribadi yang lainnya.

Karena, hal tersebut akan memudahkan orang lain dalam menemukan kamu dan tentu saja kejahatan akan mulai menghantui kamu.

2. Sering Memposting Foto


Posting foto di Facebook

Kamu tidak mau ada orang lain yang membuat akun palsu dengan foto-foto kamu? Sebaiknya jangan sering membagikan foto ke Facebook.

Poin pertama juga berpengaruh, dengan mengetahui segala informasi tentang diri kamu, orang jahat akan mudah membuat akun Facebook palsu dengan memajang foto dan informasi kamu.

Kasus ini sering saya temukan di Facebook, ada banyak orang yang resah karena ada orang jahat yang membuat akun palsu dengan menyertakan foto dan data mereka di akun nya.

Apa kerugiannya? Tentu saja mereka akan berteman dengan orang lain, kemudian bercakap-cakap apa adanya, mungkin saja mereka mengatakan sesuatu yang buruk atau jorok.

Yang lebih rugi lagi, orang yang chat dengan akun palsu itu tahu foto kamu karena banyak di akun palsu yang orang lain buat.

Mereka mudah mengenal kamu, terutama alamat kamu tertera dengan jelas, mereka akan menemui kamu, yang lebih parah lagi dijadikan sebagai akun penipuan.

Kasus ini sudah banyak bertebaran loh, tidak mau seperti ini? Sebaiknya tidak boleh sering mengupload foto kamu juga memberi informasi pribadi.

3. Berteman Dengan Orang yang Tak Dikenal


Berteman dengan orang asing

Sebenarnya boleh saja, karena memang tujuan utama Facebook ini untuk mendapatkan teman baru, tapi sebaiknya kamu berhati-hati ketika berteman dengan orang asing.

Pikirkan lagi pada poin ke dua diatas, mungkin saja tujuan mereka berteman dengan kamu hanya untuk mengetahui informasi pribadi kamu.

Lalu chatan dengan kamu, nanyain kamu tinggal dimana, ajak ketemuan, akhirnya menjadi masalah terhadap diri kamu, kamu menjadi korban kejahatan media sosial.

Apakah ada kasusnya? Sudah banyak loh, kamu gak pernah liat berita kah? Cobalah simak apa isi dalam berita yang kamu lihat maupun kamu baca.

Kasus-kasus kejahatan media sosial bukan hanya terjadi sekali, tetapi banyak kali sejak tahun-tahun lalu, apalagi sekarang yang semakin mudah.

Jadi, gunakanlah Facebook hanya untuk hiburan, terhubung dengan teman dan sebagai kepentingan saja sebijak mungkin.

4. Pamer Kekayaan


Pamer kekayaan di facebook

Poin selanjutnya adalah memamerkan kekayaan di Facebook, dan ya ini hal yang sangat membahayakan diri kamu sendiri.

Memang, orang lain akan melihat kalau kamu keren, tapi apakah semua orang? Tidak tentunya, pasti ada yang merasa gelisah dengan apa yang kamu pamerkan.

Hasilnya? Kamu akan dibenci, dan mungkin juga di viralkan kalau kamu sedang pansos alias panjat sosial, buruk bukan? Akhirnya kamu dibenci orang banyak.

Tak cuma itu saja, ketika kamu memamerkan kekayaan, kamu juga akan menjadi korban kejahatan media sosial berikutnya.

Apa saja? Kamu akan terus ditelusuri, kamu akan terus di cari-cari oleh orang yang jahat, dengan demikian kamu akan rugi sendiri.

Apa saja kerugiannya? Sangat banyak dong, mungkin juga mereka akan menemukan kamu dan menculik kamu sehingga mengambil semua kekayaan kamu.

5. Tidak Boleh Memposting Dengan Kata-kata yang Melecehkan


Facebook

Meskipun kamu membenci salah satu orang, tapi sebaiknya jangan kamu umbar di media sosial, entah mengumbar kejahatannya atau pun sifat buruknya.

Saya pernah melihat salah satu teman Facebook saya memposting kejahatan temannya, saya sangat risi dengan keadaan status tersebut dan ingin sekali melaporkannya ke Facebook.

Dan yang lebih parah lagi kalau status kamu menebar kebencian, mungkin tanpa kamu sadari orang lain akan melaporkan kamu ke pihak berwajib.

Akhirnya apa? Kamu berurusan dengan hukum, terlebih sekarang ada undang-udang ITE yang tentu saja ada hukuman bagi pelanggarnya.

Kasus ini pun sudah banyak, terutama mereka yang memposting melecehkan tokoh, agama, artis dan lainnya, dan mereka pun berurusan dengan hukum.

Dari dulu hingga kini kasus ini masih saja tetap ada, padahal sudah banyak yang berhadapan dengan hukum, seperti yang sekarang ini ada kasus melecehkan salah satu Walikota di Indonesia, tahu kan itu?.

Maaf saya tidak dapat menyebutnya, silahkan kamu telusuri saja, ada banyak kok di media-media online, TV maupun koran.

6. Jangan Upload Dokumen Penting


Passport

KTP, SIM, Passport dan lainnya, pernahkah kamu membagikannya ke Facebook atau media sosial yang lain? Sebaiknya tidak dilakukan.

Apa sih alasan kamu memposting dokumen, apakah pamer? Nah ini nih yang paling buruk, jika kamu upload, maka orang lain mudah mendapatkan informasi pribadi kamu.

Didalam dokumen tentu ada nama, alamat, nomor NIK dan informasi lainnya, dan kamu akan menjadi korban kejahatan.

Contohnya KTP, orang lain akan mengambil foto kamu dari Facebook, hasilnya nanti akan di salah gunakan dan dijadikan sebagai bentuk kejahatan.

Mungkin dijadikan identitas untuk menipu orang melalui internet dan juga kejahatan-kejahatan yang lain yang mungkin terjadi.

Kamu sudah terlanjur upload? Cari di akun mu dan segeralah hapus agar tidak ada orang yang menemukannya dan dijadikan sebagai kejahatan cyber.

Kesimpulan


Jadi, jangan pernah kamu mencoba melakukan hal-hal diatas di Facebook, selain Facebook berlaku juga untuk media sosial lain seperti Instagram, Twitter, Path maupun yang lain.

Jika kamu melakukan hal diatas, maka kamu akan rugi dan kamu akan menjadi korban kejahatan, siapa rugi? Bukan tulisan ini tentunya, tapi kamu yang menjadi korban kejahatan.

Cara bijak menggunakan Facebook adalah tidak menggunakan nama asli, tidak menyertakan alamat asli, tidak terlalu banyak memposting foto diri, tidak menyebarkan (fitnah, pelecehan, kebencian, dan lainnya), tidak pamer dan pokoknya tidak melakukan hal-hal yang akan merugikan.

Maka gunakanlah Facebook maupun media sosial sebijak mungkin, jangan sampai kamu menjadi korban kejahatan dan juga berurusan dengan hukum hanya gara-gara media sosial.

Akhir kata, demikian artikel mengenai hal berbahaya di Facebook yang tidak boleh kamu lakukan, semoga bermanfaat dan semoga saja kamu tidak menjadi korban cyber.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Jangan Lakukan Hal Berbahaya Ini di Facebook"

  1. Hujuhu... Agak susah sih ini dilakukan. Soalnya aku masih sering upload foto pribadi di Facebook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk, pasti, tapi sebenarnya itu malah membahayakan, banyak temen saya yang kena imbasnya, foto mereka di ambil akhirnya dijadikan foto di akun palsu

      Hapus
  2. Sejak mulai ngeblog, saya membuat akun baru yang sengaja saya buat publik. Siapa pun bisa ngublek-ngublek dalemannya.

    Tapi saya nggak kuatir karena memang tidak ada informasi rahasia di dalamnya.

    Memang benar sekali, jika kita tidak bijak mengunggah hal-hal yang harusnya hanya jadi konsumsi pribadi itu sangat berbahaya.

    Saya suka miris lihat teman2 yang mempublikasikan foto anaknya di media sosial. Nggak kuatir apa kalau anaknya nanti jadi incaran orang-orang khilaf. 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti kasus-kasus yang sering terjadi, bahkan anak artis yang diperjual belikan di sosmed dengan menggunakan fotonya, dulu sempat heboh kabarnya.

      Mereka dapet foto itu darimana kalau bukan karena orang tuanya sendiri yang membagikan kepada orang lain.

      Jadi ya kira-kira itulah dampak negatifnya, sehingga kita harus lebih bijak dan berhati-hati dalam penggunaan sosial media.

      Hapus
Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...