7 Tips Wawancara Kerja Agar Berakhir Sukses

Tips wawancara kerja

Di hari ini saya akan memberikan sebuah tips wawancara kerja agar berakhir dengan sukses, senyum dan bahagia.

Saya membahas tips wawancara kerja ini sengaja karena saya sadar sekarang mendapatkan kerja itu sangat susah, beda dengan dulu-dulu.

Apalagi, persyaratan-persyaratan yang banyak membuat kita semakin bingung untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi, buat kamu yang sudah berhasil melamar kerja ke sebuah perusahaan idaman kamu sesuai dengan jabatan yang kamu lamar.

Tentu saja, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah wawancara atau interview kalau kata bahasa keren mah dengan HRD.

Demikian artikel ini saya terbitkan demi kalian yang ingin sukses interview kerja dan berakhir dengan senyuman, serta kamu pun bisa bekerja di perusahaan mereka.

Bagaimana kira-kira tips yang sudah saya kumpulkan? Mari simak bersama dibawah ini.

Tips Wawancara Kerja Agar Sukses


Tips interview kerja agar sukses

Terkadang, meskipun kita sudah berhasil melamar pekerjaan, tantangan selanjutnya adalah menghadap HRD untuk wawancara.

Kenapa ribet banget sih pengen kerja juga? Ya begitulah namanya juga usaha, mereka juga ingin memiliki karyawan yang baik dan bertanggung jawab.

Sehingga, selain dalam surat lamaran yang jelas, dokumen yang lengkap, perusahaan juga akan memastikan kalau kamu benar-benar bisa dipercaya.

Salah satunya dengan wawancara, menanyakan segala tentang kamu, seperti pengalaman, tujuan, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, hati-hati ketika kamu interview dengan pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya menjebak diri kamu sendiri.


Berikut tips wawancara kerja agar sukses.

1. Datang sesuai waktu yang ditentukan


Datang sesuai waktu

Terkadang bagi yang malas ini menjadi tantangan yang lumayan sulit, faktanya, masih banyak orang yang terlambat untuk interview kerja.

Hasilnya? Interview pun gagal dan harapan kamu untuk bergabung bersama perusahaan tersebut pun gagal berat, siapa yang rugi?.

Sehingga perlu kamu ketahui, jika tadi malam pihak perusahaan menghubungi kamu agar datang di jam yang telah ditentukan.

Sebaiknya kamu tidak boleh terlambat, siap-siap se-pagi banget, yang lebih baik lagi kamu datang sebelum jam interview dilakukan.

Biarkan kamu menunggu karena kamu yang membutuhkan pekerjaan, mereka hanya ingin mengetahui tentang diri kamu dalam interview itu.

2. Berpakaian rapi dan sopan


Berpakaian sopan

Tips wawancara kerja yang berikutnya adalah tidak mengenakan pakaian yang amburadul hingga terlihat sangat tidak sopan.

Dari cara kamu berpakaian saja HRD sudah melihat kalau kamu bukan orang yang mereka butuhkan, hasilnya? Kesempatan untuk bekerja pun sirna sudah.

Bukan pakaian yang seharga ratusan hingga jutaan rupiah, tapi pakaian yang sopan, rapi dan enak dipandang sehingga memberikan kesan yang baik.

Namun, jika perusahaan memberikan dress code disaat kamu interview, maka kenakanlah pakaian yang sesuai apa yang diinginkan perusahaan.

Dengan demikian, hanya dengan melihat penampilan dan cara kamu berpakaian pun mereka sudah tahu mengenai karakter dan kepribadian kamu, karena itulah yang akan dicari HRD.

3. Mempelajari seluk beluk perusahaan yang kamu lamar


Tips sukses wawancara kerja

Sebaiknya, mempersiapkan diri lebih dulu agar kamu nanti saat interview mudah menjawab semua yang ditanyakan oleh HRD di perusahaan itu.

Alangkah baiknya kalau kamu mencari informasi-informasi terkait perusahaan yang berhasil kamu lamar sebelumnya, atau sebelum melamar juga lebih bagus.

Cobalah pelajari, kira-kira apa saja seluk beluk perusahaan itu? Dengan ini, nanti pada saat HRD memberikan pertanyaan kepada kamu, kamu bisa menjawab dengan mudah dan tepat.

Ini sangat rekomended kalau kamu mau diterima dan bergabung bersama perusahaan mereka, terutama perusahaan yang kamu dambakan.

4. Bersikap sopan, ramah, dan profesional, jangan gugup


Bersikap ramah

Tips wawancara kerja yang ke empat ini memang sulit untuk diterapkan, terkadang kebanyakan orang yang gugup pada saat menghadiri time for interview.

Cemas, ragu dan lain sebagainya memang sudah menjadi hal umum, tapi sebaiknya kamu bersikap biasa saja, jangan tenggang dan jangan gugup.

Yang lebih bagus lagi, ketika kamu datang ke kantornya, kamu memberi salam, senyum dan sikap kamu terlihat ramah dan sopan.

Dengan demikian, karakteristik dirimu akan mudah ditebak oleh mereka yang mewawancara dirimu, sehingga kamu pun berkesempatan emas untuk bergabung.

Tapi perlu kamu ingat, jangan sampai kamu bergerak-gerak yang terlihat kurang enak, seperti menggerakkan kaki, tangan dan lainnya.

Biasa saja pokoknya, kamu tidak boleh gugup, tidak boleh ragu dan hal-hal yang kurang enak dipandang, itu akan mengecilkan kesempatan kamu.

5. Jawab pertanyaan dengan bahasa yang baik


Jawab pertanyaan HRD

Jangan sampai kamu gugup ketika menjawab pertanyaan, jangan sampai kamu tergesa-gesa pada saat menjawab apa yang ditanyakan pewawancara.

Sebaiknya, jawab dengan ungkapan yang baik dan sopan, gunakan bahasa yang benar-benar membuat mereka luluh dengan sikap kamu.

Jangan terburu-buru menjawab pertanyaan, jawab saja dengan perlahan tapi pasti, insha Allah itu akan membuat mereka terkesan dengan apa yang kamu berikan.

Ingat ya, saat berada di hadapan HRD atau orang yang mewawancara kamu, tidak boleh ragu, tidak boleh gugup dan jawab apa adanya dengan bahasa yang baik dan sopan.

6. Bersikap jujur didepan para pewawancara


Tips wawancara kerja bersikaplah jujur

Tips wawancara kerja yang berikutnya adalah bersikap jujur pada saat kamu menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan HRD.

Terkadang orang akan melakukan kebohongan karena ingin terlihat hebat didepan mereka, yang lebih parah lagi melebih-lebihkan, padahal yang mereka katakan tidak seperti kenyataan.

Ini memang sering terjadi, tapi sebaiknya tidak boleh dilakukan kalau kamu ingin sukses pada saat interview kerja dihadapan salah satu pihak perusahaan.

Jujur saja pada saat kamu memberikan bakat diri kamu, kalau pun tidak tinggi, tapi jujur lebih baik daripada berbohong, nanti juga bakal ketahuan saat kamu kerja.

Apa yang terjadi? Mereka mungkin bisa saja memecat kamu karena tidak sesuai dengan kemampuan yang kamu katakan pada saat wawancara.

jadi, baiknya adalah bersikap jujur, jujur adalah mutiara, meskipun kamu banyak kekurangan, jika jujur mereka juga akan memakluminya.

7. Jangan terjebak dengan pertanyaan yang menjebak


Pertanyaan menjebak

Seperti yang sedikit saya singgung diatas bahwa kita akan diberikan pertanyaan yang menjebak, ini sering sekali disepelekan orang ketika interview.

Terkadang mereka akan menjawab dengan cepat tanpa mikir dulu ketika perusahaan memberikan pertanyaan yang luar biasa.

Dengan mudah mereka akan menjawabnya, tapi sebaiknya sebelum menjawab kamu pikirkan terlebih dahulu, jika tidak yakin, bisa saja mereka menjebak kamu.

Kenapa mereka menjebak? Sekali lagi, mereka ingin memiliki karyawan dan karyawati yang baik, benar, sopan dan bijak.

Karena perusahaan tidak membutuhkan pekerja yang kurang diinginkan perusahaan, jadi balik lagi pada poin 6 diatas bahwa tidak boleh berbohong dan jawab pertanyaan dengan bijak.


Kesimpulan


Simpulnya, melamar kerja tak cukup dengan dokumen dan surat lamaran, untuk memastikan pelamar, perusahaan akan melakukan interview.

Jika mereka melihat karakter kamu kurang disukai, maka kamu tidak dapat diterima bekerja, itulah kenapa hal-hal yang sudah saya tulis diatas patut di terapkan.

Pada saat interview juga tidak boleh disepelekan, karena ini bertujuan untuk meyakinkan perusahaan akan kehadiran kamu dalam bekerja.

Jadi, saat berada dihadapan HRD, kamu harus sopan, baik, bijak dan bisa menjawab semua pertanyaan dengan bijak dan profesional.

Maka, tips wawancara kerja diatas dapat kamu terapkan ya, akhir kata itulah tipsnya, dan semoga saja dapat membantu kamu dan semoga sukses akhir wawancara dengan HRD.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Wawancara Kerja Agar Berakhir Sukses"

Posting Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...