Mengenal Virus Korona yang Mengancam China, Virus Korona Adalah

Virus korona adalah

Virus korona adalah sebuah wabah penyakit yang saat ini mengancam China, terutama kota Wuhan yang berada di salah satu provinsi di China.

Virus korona saat ini menjadi bahan perbincangan publik, dari kasus-kasus yang pernah saya dengar, virus korona adalah pertama kalinya terjadi di negeri tirai bambu itu pada Desember 2019.

Tiap menit bahkan saya update berita tentang virus yang dipercaya mematikan ini, hingga puluhan orang menjadi korban kematian akibat wabah penyakit yang satu ini.

Ya memang, saya baru kenal dengan nama virus yang kini menyebar di China, dan setelah saya update lagi beritanya, virus tersebut menyebar ke banyak sekali negara.

Lantas, apa sebenarnya virus korona yang mematikan ini? Apakah sebuah virus dari hal-hal yang sulit ditemukan sehingga dapat membuat orang terbunuh?.

Virus Korona Adalah


Virus corona atau bisa disebut virus korona adalah virus dari familia Coronaviridae yang menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia, namun lambat laun virus ini dapat menular ke manusia.

Itulah yang sekarang terjadi di kota Wuhan, China, awalnya hanya sebuah virus hewan yang menyerang dua jenis hewan saja.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, virus korona menyebar ke manusia, hingga saat ini, korban virus tersebut semakin bertambah.

Virus yang pertama kali di temukan di China ini memang terdapat keanehan, yakni ditemukan coronavirus baru yang ada keterlibatannya dengan virus SARS.

Itulah yang menyebabkan virus ini menular hingga manusia, meskipun awalnya hanya virus yang menyerang hewan saja.

mengenal virus korona adalah

Penyebaran Virus Korona


Bahwa virus korona adalah virus yang ada keterkaitannya dengan virus SARS sehingga dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain.

Menurut informasi yang saya dapatkan, virus corona jenis baru ini dapat menyebar ke orang lain melalui pernafasan.

Bahkan, berita yang saya dapatkan ada seorang dokter di China yang meninggal secara tiba-tiba pada saat ia merawat orang yang terinfeksi virus corona.

Waduh, bahaya sekali bukan virus ini? Lantas, apakah ada cara pencegahan yang dapat dilakukan manusia agar tidak terinfeksi virus ini?.

Gejala Virus Korona


Penyakit yang sangat mematikan ini terdapat gejala-gejala yang dirasakan penderitanya, walaupun gejala itu sangat sepele, tapi dapat membunuh orang yang terinfeksi.

Gejala yang di timbulkan akibat virus korona adalah demam, batuk kering dan berdahak, juga sesak nafas. Meskipun tidak signifikan, tapi penderita bisa merasakan gejala tersebut.

Itulah yang dapat dialami oleh orang yang terkena virus yang diberi label 2019-nCoV ini, terdengar baru karena baru kali ini virus tersebut terjadi.

Fakta Virus Korona di Wuhan


Beberapa fakta terkait virus korona, kini tak hanya di China, virus ini sudah menyebar luas ke berbagai negara, seperti Vietnam, Singapura, Thailand, Nepal, Australia, Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, Taiwan, dan Jepang.

Kabar tersebut terlontar di berbagai media, seperti di CNBC Indonesia yang tertulis pada 25 Januari 2020, mungkinkah virus ini akan menyebar ke seluruh jagat raya?.

Lokasi menyebarnya virus korona adalah kota Wuhan yang merupakan ibukota provinsi Hubei, China, dimana terdapat pasar daging yang merupakan sumber wabah virus ini.

Berikut sederet fakta-fakta virus korona yang telah berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber media lokal maupun nasional.

  1. WHO menyebutkan virus korona mengakibatkan rasa sakit yang diawali demam tapi dapat meningkat hingga menjadi penyakit yang lebih parah;
  2. Virus korona ditularkan dari hewan dan manusia, meskipun awalnya sebuah virus yang menyerang hewan saja. Katanya virus ini ditularkan dari ular ke manusia, meskipun belum jelas faktanya;
  3. Diberi nama 2019-nCoV dan baru diidentifikasi oleh aparat China pada 7 Januari 2020, karena ini virus jenis baru, sebelumnya belum teridentifikasi terhadap manusia;
  4. Belum ada vaksin yang dapat melumpuhkan penyakit baru itu, namun China mengisolasi Wuhan pada 23 Januari 2020;
  5. Sekarang bandara internasional dilakukan pemeriksaan terhadap setiap penumpang untuk mengidentifikasi virus yang berasal dari Wuhan ini;
  6. Fakta lain, diduga karena warga tersebut sering mengkonsumsi kelelawar;

Penyebab Virus Korona di Wuhan


Meski belum ada keterangan resmi yang menyebutkan akan penyebab virus korona yang berasal dari Wuhan hingga menyebar ke seluruh China.

Namun, beberapa sumber menduga bahwa virus korona terjadi akibat dari kebiasaan warga China menyantap sup kelelawar.

Bisa jadi, karena hewan itu tidak dianjurkan untuk dimakan karena alasan-alasan tertentu, tapi mereka menyukai sup kelelawar.

Dugaan yang menyebutkan bahwa virus ini berasal dari SARS, dimana penyebarannya pun sama halnya seperti virus itu.

Virus korona

Pencegahan Korona


Semakin menyebarnya virus korona, WHO pun menggelar rapat jenewa untuk melakukan menemukan celah terhadap penyakit ini.

Apalagi, virus tersebut kini menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, hingga akhirnya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencegahnya.

Dimana, menurut kabar yang telah saya dapatkan agar kita dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat, melihat virus ini belum ada solusi yang serius.

Mulai mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dengan menu yang seimbang juga lengkap, gunakan vitamin agar dapat menjaga kekebalan tubuh.

Lakukan juga mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun, tidak ada kotoran yang menyebabkan kuman di jari maupun kuku, jangan menyentuh hidung, bibir, mata, telinga dalam keadaan tangan kotor.

Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit juga dianjurkan untuk menggunakan masker, itu adalah beberapa upaya untuk mencegahnya.

Kesimpulan


Berita dunia saat ini memang dihebohkan dengan keberadaan virus korona atau corona di Wuhan, China, bahkan ada banyak orang meninggal akibat virus ini.

Penyakit tersebut memang baru ditemukan, saya sendiri tidak tahu apakah sebelumnya sudah ada kasus-kasus terkait virus ini? Karena saya sendiri baru mendengarnya.

Pemerintah dan Presiden China sekarang masih melakukan upaya untuk melawan virus mematikan disana, semoga saja ada solusinya.

Kita doakan saja semoga masalah ini cepat teratasi, mengingat ada banyak barang-barang tanah air yang hasil impor dari China.

Sehingga kita harus lebih berhati-hati, karena kita tidak tahu dengan jelas mengenai masalah penyebaran virus ini, mungkin bisa juga dari sentuhan.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini, bahwa virus korona adalah sebuah wabah penyakit serius di China yang sekarang menjadi perhatian internasional.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Virus Korona yang Mengancam China, Virus Korona Adalah"

Posting Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...