Mengenal Cyber University di Era Digital

Mengenal Cyber University di Era Digital

Apa itu Cyber University? Mungkin hal tersebut menjadi pertanyaan kamu, mengingat jaman ini adalah era revolusi Industri 4.0.

Kita sering sekali mendengar istilah Cyber University, namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengenal lebih dekat lagi mengenai istilah yang disebutkan tersebut.

Dalam pembahasan ini, saya akan berbagi pengertian dan penjelasan seputar Cyber University, terutama bagi kamu yang sedang kuliah, sayang sekali jika tidak tahu makna dari istilah ini.

Pendidikan di Era Industri 4.0


Cyber University tentu berkaitan erat dengan pendidikan di Era Industry 4.0. Terutama, setiap pendidikan saat ini membangun ekosistem yang lebih baik lagi dengan mengasumsikan teknologi terdepan.

Dari hal ini kita sebenarnya sudah bisa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan Cyber University yang sedang kita bahas penjelasannya ini.

Setidaknya, sesuai dengan pemahaman saya, bahwa Cyber University adalah universitas atau bisa juga dikatakan pendidikan yang berkaitan dengan teknologi.

Masih belum paham? Jika kamu merasa masih belum paham, jangan risau karena saya akan menjelaskan secara lebih terperinci lagi agar kamu lebih memahami apa yang dimaksud dengan Cyber University.

Apa Itu Cyber University?


Cyber University merupakan perguruan tinggi yang dilakukan berbasis teknologi, semuanya diterapkan dalam bidang yang ada dalam perguruan tinggi.

Mulai dari pembelajaran, fakultas, pelayanan, fasilitas dan yang lainnya yang berhubungan dengan perguruan tinggi semuanya berkaitan dengan teknologi.

Simpulnya, Cyber University adalah perguruan tinggi yang telah menggunakan teknologi dalam sistem pembelajarannya maupun fasilitas atau fakultas dan yang lainnya.

Istilah Lain Cyber University


Kamu mungkin belum tahu kalau cyber university juga bisa dikatakan sebagai Cyber Campus, sama saja maknanya namun hanya katanya saja yang berbeda.

Istilah Cyber University sendiri diambil dari kata Cyber dan University. Cyber artinya Dunia Maya dan University artinya Universitas.

Kesimpulannya, Cyber University artinya Universitas Dunia Maya, namun maknanya bukan apa yang tertulis, tapi universitas atau perguruan tinggi yang membangun teknologi dalam segala yang berkaitan dengan hal pendidikan.

Berdasarkan apa yang telah saya jelaskan diatas mungkin sekarang kamu sudah paham dan sudah tahu apa yang dimaksud dengan Cyber University atau bisa juga disebut dengan Cyber Campus.

Cyber University


Manfaat Teknologi Bagi Cyber University


Sekarang mungkin bisa kamu lihat sendiri, banyak sekali pendidikan-pendidikan yang sudah menggunakan sistem pembelajaran dalam teknologi.

Bisa dikatakan bahwa manfaat teknologi bagi cyber university sangat pekat terhadap para pendidik dan juga para peserta didik.

Salah satunya adalah kemudahan dalam belajar, mendapatkan informasi, memberikan materi bagi pendidik, dan masih banyak lagi.

Contohnya, sekarang sudah banyak perguruan tinggi yang bisa dilakukan pembelajarannya melalui internet, saya kemarin sempat ditawarin kuliah di salah satu kampus di Banten, dimana saya bisa belajar dirumah tanpa datang ke kampus, cukup dengan internet dan jaringan yang memadai saya sudah bisa belajar.

Terutama bagi para peserta didik, mengingat sekarang segalanya serba teknologi, jika peserta didik buta teknologi, entah apa yang akan terjadi dimasa depannya.

Seperti contoh Fakultas Pertanian, kalau sistem pembelajarannya menggunakan teknologi, mereka akan mudah belajar, juga mereka akan lebih mudah dalam memahami segala yang berhubungan dengan pertanian.

Setelah mereka berhasil meraih pendidikan itu, dalam praktek nanti bukan lagi manusia yang bekerja, tapi teknologi, semuanya bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan efektif.

Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0


Tentu saja tantangan pendidikan di era industri 4.0 sangat banyak, sehingga seluruh perguruan tinggi berlomba-lomba menjadikan kampus berbasis teknologi dalam media pembelajarannya.

Seperti salah satunya UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber uinversity. UNTAN atau Universitas Tanjungpura sudah menggunakan teknologi dalam sistem pembelajarannya.

Mulai dari Fakultas kedokteran hingga Pertanian, UNTAN sudah membangun kampusnya menjadi berbasis teknologi sebagaimana dalam menghadapi tantangan tersebut.

Jika salah satu Universitas di Kota Pontianak saja sudah mengunakan sistem berbasis teknologi, kenapa universitas lainnya masih belum menggunakan teknologi?.

Tentu saja ini menjadi dorongan bagi mereka agar peserta didik menjadi lebih baik lagi dalam segala aspek. Mereka bisa menghadapi Industri 4.0 dengan mudah jika sudah menggunakan teknologi dalam media pembelajarannya.

Sudah paham? Jika masih belum paham, silakan tanyakan lagi kepada guru maupun orang-orang yang sudah paham mengenai Cyber University. Karena saya disini hanya merangkum saja apa yang telah saya dapatkan guna memudahkan kamu dalam mencari informasi.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Mengenal Cyber University di Era Digital"

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...