Mengapa Robert Baden Powell Ditetapkan Sebagai Bapak Pandu Dunia?

Mengapa Robert Baden Powell Ditetapkan Sebagai Bapak Pandu Dunia

Mengapa robert baden powell ditetapkan sebagai bapak pandu dunia? Mengingat sejarah kembali ke masa lampau, saya ingin mengingatkan dan memberitahukan bahwa Robert Baden merupakan bapak pandu dunia yang tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan ada alasan yang mendasari hal tersebut.

Mungkin pertanyaan mengapa Robert Baden Powell ditetapkan sebagai bapak pandu dunia ini ada dalam soal ujian tentang Pramuka. Untuk sekedar ingin berbagi sejarah, maka saya pun bersedia memberikan jawabannya dalam catatan saya kali ini.

Mengenal Robert Baden Powell

Robert Baden Powell dilahirkan dengan nama Robert Stephenson Smyth Powell berpangkat Letnan Jenderal yang lahir di Britania Raya (Inggris), telah ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia. Powell lahir pada 22 Februari 1857, tepatnya di kota Paddington, London.

Robert Powell memiliki pasangan bernama Olave Baden Powell dan dikaruniai anak, yaitu Peter Baden-Powell, Betty Clay, dan Heather Grace Baden-Powell. Kemudian Powell meninggal di Nyeri, Kenya pada 8 Januari 1941.

Robert Baden Powell merupakan letnan satu umum di tentara, penulis, dan pendiri Gerakan Kepanduan. Hal tersebut berdasarkan sejarah yang tertulis di Wikipedia yang sudah saya temukan. Nah selanjutnya kita akan tahu alasan ia menjadi seorang bapak pandu dunia yang sekarang kita kenal.

Mengapa Robert Baden Powell Ditetapkan Sebagai Bapak Pandu Dunia?

Menurut kompas.com, Robert Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia karena pengalamannya mendasari pembinaan remaja di Inggris pada waktu itu, bernama Boy Scout. Karena pembinaan tersebut akhirnya dikembangkan menjadi gerakan Pramuka. Awal 1908, Baden Powell mulai menulis pengalamannya untuk latihan kepramukaan.

Jadi alasannya sangat singkat, itu disebabkan pengalamannya yang luar biasa. Hingga pada akhirnya kita sekarang mengenai beliau sebagai bapak pembina dunia yang sudah tidak asing lagi, terutama anak-anak Pramuka yang ada di Indonesia. Karena sangat disayangkan jika tidak mengetahui sejarah beliau.

Bagaimana cara menelusuri dan mendalami sejarahnya? Sekarang jaman serba mudah, cukup dengan searching saja kamu sudah menemukan sejarahnya yang banyak bertebaran di media-media. Maka dari itu, meskipun belajar dirumah, tetaplah kreatif, jangan gunakan waktu hanya untuk bermain-main.

Iya sekarang kita sudah mendapatkan jawabannya bahwa Baden Powell menjadi Bapak Pandu Dunia karena didasari dari pengalamannya. Tentu ini seharusnya bukan hanya sejarah untuk menjawab soal, akan tetapi dapat kita jadikan sebagai bahan inspirasi.

Mengapa pengalaman kamu tidak kamu ceritakan? Siapa tahu kamu berhasil mencatat sejarah, seperti bapak pandu dunia yang satu ini. Percayalah mencari inspirasi itu tidak harus dengan jauh-jauh, cukup dengan mengenal sejarah saja sudah cukup, iya kan?.

Baca sejarah lainnya : Sejarah Kesultanan Banten : Mengenal Nama-Nama Sultan Banten

Ya saya tidak dapat membahas lebih banyak lagi, hanya seperti yang tertulis saja. Yaitu sedikit biodata dan alasannya agar kamu juga bisa mudah memahami apa yang saya jelaskan diatas berdasarkan apa yang telah saya temukan dari sejarah Robert Baden Powell.

Maka saya mengharapkan kamu tidak lagi bingung atas jawabannya dan bukan hanya untuk menjawab pertanyaan tentunya. Demikian ulasan mengapa Robert Baden Powell ditetapkan sebagai bapak pandu dunia.

Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Robert Baden Powell Ditetapkan Sebagai Bapak Pandu Dunia?"

Posting Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...