Telinga Berdenging? Mungkin ini Penyebabnya, Beli Obatnya di Toko SehatQ

Telinga Berdenging? Mungkin ini Penyebabnya, Beli Obatnya di Toko SehatQ

Salah satu masalah yang umum juga dirasakan oleh kebanyakan orang, baik anak kecil maupun dewasa, adalah telinga yang berdenging dan berair, apakah ini tanda-tanda pecahnya gendang telinga?.

Kenapa saya mengatakan ini sesuatu yang umum? Menurut beberapa orang yang saya tanyakan, ternyata mereka juga pernah merasakan hal tersebut. Memang tidak dengan adanya air, hanya saja berdenging, tapi tetap saja ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri.

Sama dengan saya, saya pun pernah merasakan masalah yang satu ini. Namun itu tidak membuat saya khawatir karena memang hal tersebut umum dirasakan oleh orang-orang. Lalu, apakah benar jika telinga berdenging dan berair terjadinya gendang yang pecah? Ini penjelasannya.

Telinga Berair dan Berdenging

Menurut artikel yang tertulis di SehatQ.com, gendang telinga yang pecah merupakan suatu kondisi dimana seliput telinga mengalami robekan atau berlubang. Gendang telinga berfungsi sebagai getaran suara yang kita dengarkan. Bukan hanya anak saja, melainkan dewasa pun sering mengalami hal tersebut.

Ketika gendang telinga pecah, pendengaran agak berkurang bahkan hilang, telinga pun sering berair secara terus menerus, kemudian akan terjadi dengingan yang dirasakan. Jadi benar bahwa ketika telinga berdenging dan berair, tanda bahwa gendang telinga pecah atau robek.

Bukan hanya gejala tersebut yang dirasakan, namun berbagai gejala lainnya pasti akan dirasa ketika masalah kasus tersebut terjadi pada telinga kita. Tentu ini salah satu hal yang sangat menyebabkan kita mengalami kekhawatiran, apa yang harus kita lakukan? Pergi ke dokter atau gunakan obat.

Telinga Berdenging? Mungkin ini Penyebabnya, Beli Obatnya di Toko SehatQ


Gejala-gejala Gendang Telinga Pecah

Adapun gejalanya, bukan cuma yang saya jelaskan diatas, namun lagi-lagi saya telah menemukan beberapa diantaranya, dan itu saya dapatkan dari sumber informasi kesehatan terpercaya, yaitu SehatQ. Berikut beberapa gejala dari masalah pecahnya gendang telinga.

1. Keluar cairan dari telinga, berwarna bening, bercampur nanah yang berwarna kuning kehijauan, bahkan bercampur darah.

2. Diikuti kepala pusing dengan mual maupun muntah.

3. Telinga berdenging atau berdengung, yakni terdengar suara dengungan.

4. Jika terjadi pada anak, maka dia mengeluhkan bahwa pendengarannya sedang tidak baik, bahkan hilang.

Nah, jadi ternyata ada 4 gejala yang terjadi seketika gendang telinga pecah, informasi tersebut benar adanya berdasarkan artikel dari SehatQ yang ditulis oleh dr. Adila Hisyam Thalib, Sp.THT, yaitu dokter spesialis THT.

Sebaiknya, jika gejala ini terjadi, segeralah pergi ke dokter THT untuk segera mengetahui, apakah benar gendang telinga pecah? Kalau ia, nanti akan di berikan obat berupa tetesan langsung ke dalam telinga maupun obat yang diminum.

Penyebab Pecahnya Gendang Telinga

Salah satunya adalah mengorek telinga yang terus menerus serta terlalu dalam dan dengan sentuhan yang lumayan keras, ini tentunya akan membuat si gendang telinga ini pecah, tentu harus berhati-hati saat kamu mengorek kuping, baik itu untuk kamu sendiri atau pun anak kamu.

Adanya infeksi juga salah satunya, kemudian suara yang terlalu keras dan benturan di telinga. Hal tersebut adalah penyebab umum kenapa gendang pecah. Penyakit ditelinga yang satu ini memang bukan hal yang mustahil, karena masalah itu bisa saja terjadi ketika penyebabnya dilakukan.

Maka mulai dari sekarang, sebaiknya berhati-hati lah, ketika suara dengungan kamu dengarkan, atau cairan dari telinga keluar, silakan langsung pergi ke dokter untuk memeriksanya.

Nah, mungkin yang bisa saya sampaikan saat ini itu saja, mudah-mudahan informasi terkait suara dengingan dan cairan yang keluar dari telinga ini bermanfaat dan bisa membuat kamu agar lebih berhati-hati, karena salah satu penyebabnya adalah kesalahan diri kita sendiri.

Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Telinga Berdenging? Mungkin ini Penyebabnya, Beli Obatnya di Toko SehatQ"

Posting Komentar

Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...