5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia memiliki hobi yang beraneka ragam, salah satu yang dilakukan adalah dengan memelihara hewan peliharaan.

Kehadiran berbagai hewan peliharaan dianggap sebagai hal yang cukup menguntungkan. Hal ini karena hewan peliharaan mampu menjadi caregiver atau anggota keluarga yang bisa  membuat Anda tertawa, serta mampu memberikan rasa nyaman saat berada di dekatnya. Tak heran bila hewan peliharaan dianggap sebagai stress reliever, baik itu anjing, kucing, dan berbagai hewan peliharaan lainnya.

Mampu menjadi teman yang baik adalah alasan orang mengapa mereka mau memelihara hewan. Tidak hanya itu, memelihara hewan juga memiliki manfaat yang lain khususnya dalam memelihara kesehatan fisik dan mental, serta dapat memperluas pergaulan seseorang.

Bila Anda masih ragu memelihara hewan peliharaan, artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang 5 manfaat memiliki hewan peliharaan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membuat Kesehatan Jasmani dan Rohani Tetap Terjaga


Keberadaan hewan peliharaan akan membuat Anda menjadi lebih sehat dari segi fisik dan secara psikis atau rohani. Kesehatan jasmani menjadi lebih meningkat karena Anda akan mau tidak mau harus membawa hewan peliharaan Anda (khususnya anjing) ke luar ruangan dan berjalan-jalan untuk menikmati udara segar.

Kesehatan jiwa juga semakin terjaga karena adanya hewan peliharaan. Hal ini karena kucing, anjing atau hewan peliharaan lain dapat mendengarkan keluh kesah atau bermanja ria dengan Anda jika sedang mengalami hari yang buruk. Inilah yang membuat Anda terbebas dari rasa kesepian dan depresi yang bisa datang sewaktu-waktu.

2. Membantu Anda Memiliki Kenalan atau Teman


Hal yang bisa Anda dapatkan saat memiliki hewan peliharaan adalah dengan adanya kemungkinan untuk mendapat teman atau kenalan.

Sudah banyak komunitas pecinta binatang yang membuat Anda dapat berkenalan atau menjalin pertemanan dengan orang baru yang memiliki latar belakang yang berbeda.

Adanya hewan peliharaan juga mungkin mendapatkan jodoh atau pasangan baru bila Anda ingin mencari hubungan yang serius, tak heran bila hewan peliharaan bisa menjadi ide yang tepat untuk bersosialisasi dan menemukan seseorang yang diidamkan.

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

3. Membuat Anda dan Keluarga Kebal Terhadap Alergi


Penelitian dari Medical College of Georgia menyimpulkan bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi dibanding mereka yang tidak memelihara sama sekali.

Biasanya anak-anak yang hidup bersama hewan peliharaan memiliki daya imun yang kebal terhadap tungau, bulu, serta alergen yang berasal dari luar ruangan. Alasannya karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah bisa beradaptasi dan mampu mengubah respon sistem imun menjadi lebih baik pada alergi.

4. Melatih Diri Untuk Bertanggung Jawab dan Belajar untuk Mencintai


Memiliki hewan peliharaan sama artinya dengan belajar merawatnya dengan totalitas, entah itu memberi makan, memandikannya, atau mengobatinya dikala sakit.

Rasa tanggung jawab memelihara hewan ternyata berbarengan dengan bagaimana Anda memperlakukan orang lain. Hewan peliharaan bisa menjadi simulasi yang tepat dalam menguji pribadi untuk menjadi orang yang lebih baik.

Memelihara hewan peliharaan juga sangat direkomendasikan untuk anak-anak, hal ini karena mereka akan belajar untuk terlibat langsung dalam meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, khususnya pada hewan peliharaan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat terakhir yang Anda dapatkan saat memelihara hewan peliharaan adalah menjaga kesehatan jantung, Penelitian dari Judith Siegel Ph.D mengatakan bahwa ikatan batin antara manusia dan hewan peliharaan bisa saling terikat yang menyebabkan turunnya stress dan tensi darah yang tinggi.

Kehadiran hewan peliharaan juga mampu dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida yang membuat kesehatan jantung Anda menjadi lebih baik.

Penutup


Ada banyak hal lain yang dapat Anda temukan saat memiliki hewan peliharaan. Beberapa di antaranya adalah dengan memberikan Anda rasa nyaman, memulihkan keadaan pasca pengobatan penyakit kanker atau operasi, serta mampu untuk mengoptimalkan kerja otak.

Kehadiran hewan peliharan memang sangat baik khususnya dalam segi kesehatan fisik dan mental, maka dari itu penting untuk merawat hewan peliharaan dengan memberikan makan secara rutin, berlari atau jogging dengan anjing Anda, memandikannya secara berkala dan tentunya memperlakukannya dengan baik.

Demikian artikel tentang 5 manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah, semoga Anda dapat sadar tentang pentingnya menjaga hewan peliharaan dengan baik sehingga Anda mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda.
Nurdin Albantani Bukan seorang yang jenius, hanya sekedar manusia biasa yang masih belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah"

  1. informasi yang dibagikan bagus, ada beberapa informasi lain yg ingin dibagikan http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/920-manfaat-memiliki-hewan-peliharaan

    BalasHapus
Hey Sob, silahkan berkomentar sesuai artikel dan sepenuh hati kalian yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...